Google+
Loading...
SAINS
Penulis: Prasasta Widiadi 09:35 WIB | Senin, 06 Maret 2017

Madrasah Harus Mampu Kelola Faktor Internal dan Eksternal

Ilustrasi: Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Selatan (Kakanwil Kemenag Sumsel) HM Alfajri Zabidi. (Foto: sumsel.kemenag.go.id)

PALEMBANG, SATUHARAPAN.COM – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Selatan (Kakanwil Kemenag Sumsel) HM Alfajri Zabidi, menyampaikan madrasah yang efektif dan sehat adalah madrasah yang mampu mengelola faktor-faktor penunjang, yakni faktor internal maupun eksternal.

Hal tersebut dia kemukakan saat membuka acara Bimbingan Teknis Madrasah Efektif dan Sehat yang mengusung tema “Kita Tingkatkan Mutu Program Akreditasi Madrasah yang Baik,Terpadu, dan Dapat Dipertanggungjawabkan”,  di Hotel Princess Palembang. Minggu, (5/3).

Menurut Alfajri pengelolaan madrasah yang sehat dan efektif itu harus dilakukan berdasarkan landasan visi dan misi yang harus dilakukan secara optimal dalam penyelenggaraan pengelolaan sebuah madrasah.

Dia mengatakan dalam pengembangan madrasah efektif dan sehat terdapat beberapa komponen utama yang menjadi pokok pengembangan, yaitu perencanaan yang baik, membentuk kepemimpinan madrasah yang baik dan benar, pengembangan kualitas dan kreativitas sistem pendidikan, problem and solving pengelolaan madrasah.

Alfajri meminta kepada setiap madrasah harus memiliki strategi untuk mencapai kualitas, baik di tingkat pimpinan, tenaga akademik, maupun tenaga administratif. oleh karena itu diperlukan bimbingan teknis pengelolaan madrasah yang efektif dan sehat.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Majelis Pendidikan Agama Kementerian Agama Sumatera Selatan, Paidol Barokat, dalam laporannya mengatakan penyelenggaraan bimtek ini diikuti 16 Kepala Madrasah Ibtidaiyah, 14 Kepala Madrasah Tsanawiyah, dan sepuluh Kepala Madrasah Aliyah se-Sumsel, dan empat panitia.

Paidol menambahkan peserta tersebut akan mengikuti kegiatan dari mulai dari Minggu (5/3) sampai dengan Rabu (8/3), dan akan diberikan materi tentang Pengelolaan Madrasah Efektif dan Sehat, Kepemimpinan Madrasah, Manajemen Madrasah Efektif, Desain Madrasah Sehat, Networking Madrasah.

"Tentunya kita akan mendatangkan pemateri yang berkompeten bidangnya,” kata dia. (sumsel.kemenag.go.id)

Editor : Sotyati

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
7 Dasawarsa BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home