Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 14:43 WIB | Jumat, 06 Maret 2015

Mahasiswa Unpad Presentasi di Konferensi Internasional Biologi

Fikri Abdulah, mahasiswa Fakultas Teknik Geologi Unpad. (Foto: unpad.ac.id)

JATINANGOR, SATUHARAPAN.COM - Mahasiswa program sarjana di Fakultas Teknik Geologi (FTG) Unpad Fikri Abdulah ikut menjadi peserta pemakalah dalam konferensi tingkat internasional di Bangkok. Fikri Abdullah menjadi satu-satunya peserta undergraduated di antara peserta lain yang berkategori master, doktor, hingga profesor.

Fikri mengikuti “The 3rd Bangkok International Conference on Biological Engineering & Natural Science (BBENS 2015)” yang diselenggarakan 26 – 28 Februari di Bangkok, Thailand. Dalam acara yang digelar Higher Education Forum Thailand itu, ia didampingi Rifky Meisa A, alumnus FTG Unpad dan Dr Bambang Sunarwan MT, dosen Institut Teknologi Bandung.

“Itu semacam konferensi interdisipliner untuk ilmuwan dan mahasiswa di seluruh dunia, untuk sharing tentang kemajuan penelitian di negara masing-masing,” kata Fikri, saat diwawancarai Humas Unpad, Kamis (5/3).

Pada konferensi tersebut, ia mempresentasikan hasil penelitiannya terkait hubungan kondisi hidrogeomorfologi dengan kemunculan mata air di cekungan air tanah Bandung. Ia meneliti hubungan dari kondisi morfologi dengan kemunculan air tanah, mulai dari wilayah Rancaekek, Sumedang, hingga Pangalengan.

“Tujuan dari penelitian ini, saya ingin di daerah kemunculan mata air tersebut dilakukan konservasi untuk menjaga cadangan airnya,” kata mahasiswa angkatan 2012 tersebut.

Ia mengaku penelitian yang dilakukannya cukup sederhana. Namun, hasilnya dapat menjaga cadangan air. Hal itu dianjurkan dilakukan di wilayah Kota Bandung, yang penggunaan lahan terus dilakukan demi pembangunan.

“Jika tidak dilakukan konservasi, bisa saja 5 – 10 tahun lagi bakal kekurangan air,” kata Fikri yang aktif di Padjadjaran Intellectual Research (PIR).

Tampil mempresentasikan penelitian di luar negeri merupakan pengalaman pertama baginya. Meski sempat didera gugup, Fikri berhasil mempresentasikan dengan baik. Para peserta lain pun mengapresiasi penelitian sederhana yang dilakukannya. Berbagai komentar dan masukan dari peserta lain pun membuatnya semakin percaya diri.

Ia mengaku termotivasi untuk ikut menjadi pemakalah karena ingin membuktikan mahasiswa pun dapat mempresentasikan penelitiannya di luar negeri. Menurutnya, selama ini mahasiswa lebih memilih mengikuti kompetisi internasional daripada menjadi pemakalah.

Motivasi lainnya, ia ingin melengkapi koleksi publikasi ilmiah di Unpad. Dengan mempresentasikan di konferensi tingkat internasional, penelitian Fikri akan dipublikasi di jurnal ilmiah internasional.

Selain dipresentasikan, penelitian tersebut juga ia aplikasikan ke dalam penelitian yang kini lolos didanai Dikti melalui Program Kreativitas Mahasiswa bidang Penelitian (PKM P) tahun 2015.

Melihat pada penelitian peserta dari negara lain, ia mengaku Indonesia tertinggal 10 tahun dari negara lain dalam bidang penelitian. Sehingga, hal itu menjadi motivasi bagi Fikri untuk terus meningkatkan iklim penelitiannya.

“Disadari atau tidak, meneliti itu meningkatkan kita untuk membaca lebih dalam dan teliti lagi. Dari sana pengetahuan itu jauh lebih luas,” katanya. (unpad.ac.id)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home