Loading...
BUDAYA
Penulis: Reporter Satuharapan 22:00 WIB | Kamis, 06 Juni 2013

Mahfud MD Hadiri Peluncuran Buku - Total Bung Karno -

Peluncuran buku Total Bung Karno di di Aula Lantai 3 Gedung Dewan Harian Nasional Gedung Joang 45 Jakarta (foto: Ignatius Dwiana).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - "Buku Total Bung Karno ini menurut saya adalah salah satu dari sekian banyak publikasi yang menguak sejarah Bung Karno. Penulisnya, Mas Roso Daras, mampu menceritakan sosok pemimpin besar dengan gaya bahasa yang ringan, mudah dimengerti namun sarat akan makna serta pesan moral di dalamnya. Serpihan-serpihan sejarah di buku ini, akan mengubah pemahaman generasi muda bangsa ini mengenai sosok Bung Karno secara utuh." Ungkap mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Prof. Dr. Mahfud MD, di bedah dan launching buku Total Bung Karno Rabu (5/6) di Aula Lantai 3 Gedung Dewan Harian Nasional Gedung Joang 45 Jakarta Pusat.

”Pantaslah dikatakan kalau kita merasa diri bangga dengan Bung Karno.”  Kata dia.

Mahfud MD menceritakan perjalanannya ke Maroko pada tanggal 5 Februari 2012. Dia diundang ceramah di depan asosiasi MK sedunia mewakili MK Asia. Di acara itu, dia berjumpa dengan Ketua MK yang sudah sangat tua. Ketua MK itu memberitahu Mahfud MD kalau dirinya pernah hadir di Konferensi Asia Afrika (KAA) di Bandung pada tahun 1955. Menurut Ketua Mahkamah Konstitusi itu KAA menimbulkan semangat membara bagi bangsa Asia dan Afrika untuk sejajar dengan bangsa lain, dan itu tidak lain adalah jasa Bung Karno. Negara-negara Afrika bangkit karena dorongan dan semangat Bung Karno. Bung Karno telah mencontohkan dari dulu bahwa Indonesia pun bisa maka negara-negara di Afrika pun bisa.

 “Sebelum saya ke Maroko, saya mampir ke Aljazair. Di Aljazair juga Bung Karno punya nama harum.” Kata Mahfud MD.

“Buku ini bukan buku pertama, buku ini adalah buku keempat yang diterbitkan Imania. Insya Allah akan lahir buku-buku seterusnya tentang Bung Karno. Karena saya menggandrungi beliau dan akan terus melakukan syiar tentang Bung Karno.” kata Roso Daras.

Selain Mahfud MD, bedah dan launching buku Total Bung Karno juga dihadiri Moch Achadi, Menteri Transmigrasi dan Koperasi Kabinet Dwikora jaman Soekarno dan pemain sepakbola nasional, Bambang Pamungkas.

Editor : Yan Chrisna


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home