Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 07:55 WIB | Minggu, 07 Februari 2016

Main Tandang, Dortmund dan Munchen Harus Puas Tanpa Gol

Gelandang Hertha Berlin, Genki Haraguchi (seragam biru) mencoba merebut bola yang dikuasai Ilkay Gundogan, Dortmund (seragam kuning) di Liga Jerman hari Sabtu (6/2). (Foto: fifa.com).

BERLIN, SATUHARAPAN.COM – Dua klub yang menempati posisi pertama dan kedua di Kompetisi Liga Jerman, Bayern Munchen dan Borussia Dortmund harus puas dengan hasil imbang tanpa gol menghadapi lawan-lawannya hari Sabtu (6/2) waktu setempat.

Di Liga Jerman, Dortmund bermain imbang tanpa gol saat menghadapi tuan rumah Hertha Berlin di Stadion Olimpiade Berlin, Jerman. Di Stadion Bay Arena, Leverkusen. Tim tuan rumah Bayer Leverkusen juga harus puas dengan hasil imbang 0-0 menghadapi Bayern Munchen.

Dortmund tidak mengalami perubahan posisi di klasemen yakni dengan 45 poin hasil 20 pertandingan, tim asuhan Thomas Tuchel ini masih unggul 10 poin dari Hertha Berlin di urutan ketiga. Namun, Dortmund bisa berjarak lebih jauh dari pemimpin kompetisi Bayern Munich 53 poin.

Dortmund mengalami kesulitan sejak awal bahkan gagal menciptakan peluang berarti di 45 menit pertama. Tim tamu sempat mengancam setelah turun tapi pertahanan solid Hertha menjadi hambatan utama.

Helger Darida sempat menciptakan peluang bagi Hertha Berlin saat dia mengeksekusi tendangan penjuru dan mengarah ke rekannya, Kevin Brooks. Sayang peluang tersebut gagal karena bola yang disundul Brooks melenceng dari gawang Dortmund yang dikawal Roman Burki.

Dortmund mengalami kegagalan serupa dalam menjebol gawang tuan rumah seperti peluang yang diperoleh menit ke-66 lewat gelandangnya, Ilkay Guendogan yang menendang bola dari luar kotak penalti belum menjebol gawang kiper Hertha, Rune Jarstein.

Di menit-menit akhir, Solomon Kalou hampir membuat Hertha memimpin. Kalou melepaskan tembakan mendatar yang melebar tipis dari gawang Burki. Sampai laga berakhir kedudukan tetap imbang tanpa gol.

Susunan Pemain. Hertha Berlin: Rune Almenning Jarstein, Mitchell Weiser, Sebastian Langkamp, John Brooks, Marvin Plattenhardt, Fabian Lustenberger, Jens Hegeler, Salomon Kalou, Vladimir Darida, Genki Haraguchi, Vedad Ibisevic.

Borussia Dortmund: Roman Burki, Lukasz Piszczek, Sokratis Papastathopoulos, Mats Hummels, Marcel Schmelzer, Julian Weigl, Ilkay Gundogan, Gonzalo Castro, Marco Reus, Henrikh Mkhitaryan, Pierre Emerick Aubameyang.

Munchen Perpanjang Main Buruk

Bayern Munchen memperpanjang catatan buruk mereka di markas Bayer Leverkusen, Bay Arena. Dalam pertandingan Liga Jerman melawan Leverkusen yang berlangsung Minggu dini hari WIB, (7/2) tim yang dimanajeri Joseph Guardiola ini hanya mampu bermain imbang tanpa gol.

Bayern terakhir kali menang atas Leverkusen pada Maret 2013. Saat itu, mereka mengalahkan Leverkusen 2-1. Itu adalah satu-satunya kemenangan Bayern dalam delapan pertemuan terakhir di kandang Leverkusen.

Dalam babak pertama pertandingan Minggu dini hari tadi, kedua tim jual-beli serangan, namun belum ada gol yang tercipta.

Di babak kedua, pada menit 53, tendangan jarak jauh dari Javier Hernandez dari Leverkusen masih melenceng dari gawang Manuel Neur. Pada menit ke-55 Arjen Robben yang melakukan serangan balik berhasil meninggalkan tiga pemain Leverkusen. Namun pemain bertahan milik Leverkusen, Wendell, berhasil mengadang Robben. Pemain asal Brasil itu menekel bersih Robben dari belakang.

Lima menit kemudian, Robben harus ditarik keluar dan diganti dengan Thomas Muller. Hingga menit ke-60 penguasaan bola masih dimenangi Bayern dengan 53 persen sedangkan Leverkusen 43 persen.

Pada menit 64, usaha pertama Muller setelah masuk lapangan masih gagal. Tembakannya usai menerima umpan dari Kingsley Coman masih melenceng di atas gawang Bernd Leno. Dua menit berselang, Muller kembali membuang peluang setelah tembakan kerasnya usai menerima umpan dari Douglas Costa melenceng ke kanan gawang Leverkusen.

Pada menit ke-82, Robert Lewandowski melepaskan tembakan, tapi belum berbuah gol. Bayern malah mendapatkan petaka pada menit ke-84. Gelandang pengatur serangan milik Bayern, Xabi Alonso, harus keluar lapangan pertandingan usai menerima kartu kuning kedua karena menekel Javier Hernandez.

Leverkusen tidak bisa memanfaatkan kondisi Bayern yang hanya bermain 10 orang sejak menit ke-85. Hingga peluit panjang berbunyi, skor masih tanpa gol bagi kedua tim. Dengan hasil ini Bayern kembali gagal menang di Bay Arena namun tetap jadi pemuncak klasemen sementara, unggul 8 poin dari peringkat kedua Boroussia Dortmund.

Susunan pemain. Bayer Leverkusen: (4-4-2): Leno, Jedvaj(Hilbert), Jonathan Tah, Toprak, Nascimento Borges, Bellarabi, Kramer, Kampl, Calhanoglu, Hernandez, Kiessling (Brandt 74’)

Bayern Munchen: (4-2-3-1): Neuer, Lahm, Kimmich, Badstuber, Alaba, Alonso, Coman (Rode 87’), Robben (Muller 60’), Vidal (Alcantara), Douglas Costa, Lewandowski. (sportsmole.co.uk/tempo)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home