Google+
Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 16:04 WIB | Jumat, 08 Desember 2017

Majalah Time Nobatkan Gerakan #MeToo Tokoh Tahun Ini

Sampul majalah Time Tokoh Tahun ini, The Silence Breakers. (Foto: Time)

NEW YORK CITY, SATUHARAPAN.COM – Majalah Time menobatkan para perempuan di belakang gerakan #MeToo sebagai Tokoh Tahun ini. Time menjuluki mereka sebagai “Pemecah Kesunyian”.

 #MeToo, gerakan antipelecehan tersebut diklaim telah berhasil membuat jutaan orang mengungkapkan kekerasan dan pelecehan yang pernah mereka alami.

Pengumuman penobatan #MeToo sebagai Tokoh Tahun Ini disiarkan di salah satu acara NBC, saluran televisi Amerika, pada Rabu (6/12/17) pagi. “Ini adalah pergerakan sosial yang tercepat yang kami lihat dalam dekade ini. Hal ini dimulai dengan tindakan berani yang dilakukan oleh ratusan wanita dan juga beberapa pria yang mengungkapkan pelecehan dan kekerasan seksual yang pernah mereka alami,” kata Pemimpin Redaksi Time, seperti dilansir dw.de.

Pergerakan sosial tersebut dimulai secara spontan pada bulan Oktober lalu saat aktris yang juga aktivis perempuan, Alyssa Milano, mengikuti sebuah saran dari seorang teman di Facebook untuk mencuit: “Bila Anda pernah mengalami pelecehan dan kekerasan seksual, tulislah `me too´ sebagai balasan atas tweet ini.”

Responsnya sangat mengejutkan. Dalam waktu 48 jam hashtag tersebut sudah dicuitkan hampir satu juta kali oleh warganet. Gerakan #MeToo sendiri telah dipopulerkan di Twitter satu dekade lalu oleh aktivis perempuan Tarana Burke untuk meningkatkan kesadaran akan kekerasan seksual.

Dalam sampul majalah Time tersebut juga terpampang aktris Taylor Swift, yang memenangkan pengadilan atas kasus pelecehan seksual yang dilakukan oleh seorang DJ (disc jockey). Ashley Judd juga menghiasi sampul Time karena ia yang pertama kali membuka suara atas kasus pelecehan seksual yang dilakukan oleh produser film terkenal Amerika, Harvey Weinstein.

Langkah Ashley Judd itu memicu keberanian aktris lain, untuk buka suara, di antaranya, seperti diberitakan people.com, Gwyneth Paltrow danAngelina Jolie. Media lain memuat pengakuan aktris Pamela Anderson. 

Editor : Sotyati

UKRIDA
Zuri Hotel
Back to Home