Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 18:11 WIB | Kamis, 20 Juni 2013

Makanan untuk Mencegah Peradangan

SATUHARAPAN.COM – Anda pernah mengalami radang? Jika ya, atau bahkan sering, barangkali beberapa saran tentang apa yang anda makan akan membantu.

Peradangan sendiri merupakan respons kekebalan tubuh. Tanpa itu, kita justru tidak bisa menyembuhkan. Tapi ketika peradangan tidak terkontrol seperti pada rheumatoid arthritis, akibatnya  bisa merusak tubuh. Bahkan para ahli menduga peradangan berperan timbulnya kegemukan, penyakit jantung, dan kanker.

Makanan tinggi gula dan lemak jenuh dapat memacu peradangan. "Makanan tersebut menyebabkan aktivitas berlebihan dalam sistem kekebalan tubuh, yang dapat menyebabkan nyeri sendi, kelelahan, dan kerusakan pada pembuluh darah," kata Scott Zashin, MD, seorang profesor klinis di Universitas Texas di Dallas, sebagaimana dikutip abcnews.go.com.

Beberapa jenis makanan ini disarankan untuk mengurangi peradangan antara lain ikan yang mengandung banyak minyak seperti salmon, makarel, tuna dan sarden. Makanan lain adalah berbagai jenis biji-bijian seperti beras dan gandum, tetapi utamakan yang banyak mengandung serat, serta sayuran yang berwarna hijau tua.

Jenis makanan lain yang baik untuk mengatasi peradangan adalah jahe dan kunyit, bawang putih, beberapa jenis kacang-kacangan dan kedelai. (abcnews.go.com)

 

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home