Loading...
INDONESIA
Penulis: Tunggul Tauladan 13:40 WIB | Senin, 29 Desember 2014

Malam Pergantian Tahun Berpusat di Sekaten

Pintu Gerbang Pasar Malam Perayaan Sekaten 2014. (Foto: Tunggul Tauladan)

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Malam pergantian tahun dari 2014 ke 2015 tinggal menghitung hari lagi. Menghadapi hari tersebut, Pemerintah Kota Yogyakarta melakukan sejumlah persiapan, di antaranya menyiapkan venue malam pergantian tahun baru. Untuk tahun ini, venue malam pergantian tahun akan berpusat di Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS), Alun-alun Utara Yogyakarta.

“Kami akan memusatkan wisata akhir tahun di Sekaten. Untuk ini, kami terus melakukan koordinasi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah Pemkot Yogyakarta untuk menciptakan kenyamanan dan keamanan bagi para pengunjung,” demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Yogyakarta, Eko Suryo Maharsono pada Senin (29/12).

Eko menjelaskan bahwa keputusan untuk memusatkan malam pergantian tahun di Sekaten sengaja dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa hal. Pertama, malam pergantian tahun baru bersamaan waktunya dengan perhelatan Sekaten sehingga fokus Pemkot Yogyakarta bisa menggapai dua event sekaligus, yaitu Sekaten dan malam pergantian tahun baru. Kedua, memecah konsentrasi massa yang ada di Yogyakarta.

“Selama ini, ratusan ribu orang berjubel di sepanjang Jalan Malioboro hingga Titik Nol Kilometer ketika merayakan malam pergantian tahun. Kami berusaha memecah konsentrasi massa tersebut dengan membuat acara yang berpusat di Sekaten,” jelas Eko.

Dijelaskan Eko, sebagai cara untuk menarik massa, di Sekaten akan dihelat berbagai atraksi kesenian, mulai dari sore hingga menjelang malam pergantian tahun. Tak hanya itu, pada detik-detik pergantian tahun tersebut juga akan dimeriahkan dengan pesta kembang api.

“Kami telah menyiapkan pesta kembang api untuk menarik massa agar bisa datang ke Sekaten. Kami juga berharap bahwa pada kesempatan tersebut, Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti bisa hadir untuk bersama-sama merayakan malam pergantian tahun di Sekaten,” kata Eko.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home