Loading...
EKONOMI
Penulis: Martha Lusiana 14:27 WIB | Senin, 27 Juli 2015

Malaysia Penanam Modal Asing Terbesar di Indonesia

Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal BKPM, Azhar Lubis. (Foto: Martha Lusiana)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Badan Koordinasi Penanaman Modal mencatat Malaysia sebagai negara yang mananamkan modal terbesar di Indonesia pada semester pertama 2015 ini.

Menurut data realisasi investasi asing berdasarkan negara asal, Malaysia tercatat telah menamamkan modalnya sebesar 2,6 miliar Amerika Serikat (AS) atau mengambil porsi sebanyak 18,6 persen.

Sebelumnya, pada 2014, Malaysia telah menaruh modal di Indonesia senilai 1,8 miloar dolar AS. Artinya, tahun ini penanaman modal di Tanah Air oleh negara tetangga ini mengalami peningkatan sebesar hampir 1 miliar dolar AS.

Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal (BKPM), Azhar Lubis, mengatakan, naiknya investasi Malaysia tahun ini banyak berasal dari perusahaan XL Axiata yang sedang meningkatkan jaringan telekomunikasi 4G.

"XL Axiata sedang meningkatkan jaringan dari 3G menjadi 4G sehingga membutuhkan peralatan yang besar-besaran, ujar dia, di kantor BKPM Jakarta, Senin (27/7).

Di samping bidang telekomunikasi, Negeri Jiran ini juga tengah menanamkan investasinya di Indonesia dalam bidang infrastruktur pembangunan jalan tol dan perkebunan serta pengolahannya.

Selain Malaysia, negara-negara yang menempati posisi lima besar dalam penanaman modal asing sepanjang semester pertama 2015 adalah Singapura sebesar 2,3 miliar dolar AS, Jepang 1,6 miliar dolar AS, Korea Selatan 800 juta dolar AS, dan Amerika Serikat sebesar 600 juta dolar AS.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home