Google+
Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 17:01 WIB | Rabu, 02 Agustus 2017

Malaysia Siap Bantu Indonesia Atasi Kebakaran Hutan

Aparat keamanan menyemprotkan air ke arah semak belukar di atas lahan gambut yang akan dijalari api di kawasan Simpang Pete kilometer 27 kecamatan Tanah Putih, Rokan Hilir, Riau, Sabtu (18/2). (Foto: Antara)

KUALA LUMPUR, SATUHARAPAN.COM - Malaysia menyatakan siap membantu Indonesia menangani kebakaran hutanlahan akibat meningkatnya ancaman kebakaran hutan yang diperkirakan akan semakin memburuk.

Malaysia mengutip data terbaru Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang menunjukkan ada 72 titik api terdeteksi di Aceh mengakibatkan kabut asap.

Menteri Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup Malaysia Datuk Seri Wan Junaidi Tuanku Jaafar mengatakan bahwa Pemerintah Malaysia memiliki rencana darurat jika terjadi krisis kabut asap dan siap memberikan bantuan resmi untuk memadamkan kebakaran hutan di Indonesia.

"Saya sudah menginstruksikan wakil sekretaris jenderal Departemen Lingkungan untuk melakukan kontak dengan kementerian terkait di Indonesia untuk membicarakannya," kata Wan Junaidi kepada wartawan di Kuala Lumpur pada Rabu (2/8), seperti dikutip The Star.

Dia mengatakan berdasarkan sistem tahunan angin monsun selatan-barat, semenanjung Malaysia dan Singapura diperkirakan akan terkena dampak kabut jika terjadi kebakaran hutan di Riau atau Jambi.

"Jika ada kebakaran di barat, timur, dan tengah Kalimantan, sebagian wilayah Sabah dan Sarawak akan terpengaruh. Jika terjadi di Aceh, kabut asap bisa terjadi di bagian utara negara kita seperti Penang, Perlis, Kedah dan Perak utara," kata Wan Junaidi.

Wan Junaidi menambahkan bahwa Pemerintah Malaysia akan terus memantau situasi dan mengatakan bahwa Indonesia sudah mengambil tindakan cepat untuk menghentikan kebakaran dan tetap berjanji menangani masalah tersebut.

"Upaya Pemerintah Indonesia dalam mengendalikan kebakaran hutan sudah efektif. Kami hanya ingin secara resmi memberi tahu bahwa kami khawatir dan kami memiliki tim untuk membantu mereka jika mereka membutuhkan bantuan," kata Wan Junaidi. (thestar.com.my)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja

UKRIDA
Zuri Hotel
Back to Home