Loading...
DUNIA
Penulis: Francisca Christy Rosana 14:22 WIB | Selasa, 21 Oktober 2014

Mantan PM Australia Edward Gough Whitlam Tutup Usia

Edward Gough Whitlam, mantan Perdana Menteri Australia ke-21 tutup usia hari Senin (21/10). (Foto: kcra.com)

CANBERA, SATUHARAPAN.COM – Edward Gough Whitlam, mantan Perdana Menteri Australia ke-21 tutup usia. Hal ini disampaikan oleh pemerintah Australia pada Senin (21/10). Whitlam meninggal di usia 98 tahun.

Whitla menjabat sebagai Perdana Menteri pada 1972 – 1975. Di bawah kepemimpinannya, Australia menandatangani sejumlah perjanjian internasional yang berdamak pada perekonomian Australia. Whitlam juga menjalin hubungan diplomatik antara Australia dan Tiongkok. Tiongkok sekarang merupakan mitra dagang terbesar Australia.

Edward Gough Whitlam lahir di Kew, Victoria pada 11 Juli 1916. Pada pemilihan umum 1972, ia memimpin Partai Buruh dan memperoleh kemenangan setelah masa pemerintahan konservatif menduduki Australia selama 23 tahun. Whitlam diberhentikan pada 1975 setelah kirisis konstitusional yang berkepanjangan, yang disebabkan oleh kegagalan meloloskan Rancangan Undang-Undang Pemasokan.

Meskipun masa pemerintahannya relatif hanya sebentar, banyak kebijakan dan lembaga yang dicetuskannya masih berdiri hingga saat ini. (cnn.com)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home