Google+
Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 19:07 WIB | Minggu, 02 Desember 2018

Mantan Presiden AS George Bush Senior Meninggal Dunia

George HW Bush, Presiden ke-41 Amerika Serikat, bergambar bersama istrinya, Barbara Bush, sebelum sang istri meninggal pada 17 April 2018. Pasangan ini menikah selama 73 tahun. (Foto: Samoa Observer)

AMERIKA SERIKAT, SATUHARAPAN.COM – Mantan Presiden AS George HW Bush meninggal pada usia 94 tahun, diumumkan oleh putranya George W Bush.

George Bush Sr meninggal pada pukul 22.10 waktu setempat pada hari Jumat (11:10 WIB Sabtu), kata seorang juru bicara keluarga.

Ia adalah presiden ke-41 AS yang menjabat pada tahun 1989 hingga 1993. Periode administrasinya ditandai dengan berakhirnya Perang Dingin dan Perang Irak pertama melawan Saddam Hussein.

Kesehatan Bush telah memburuk dalam beberapa tahun terakhir, tetapi beberapa kali ia masih tampil di publik.

Pada bulan April, ia dilarikan ke rumah sakit akibat infeksi darah. Bush meninggal tujuh bulan setelah istrinya, Barbara Bush.

“Jeb, Neil, Marvin, Doro, dan saya sedih untuk mengumumkan bahwa setelah 94 tahun yang luar biasa, ayah kami tercinta telah meninggal,” tulis putranya George Bush Jr, yang kemudian melayani sebagai presiden ke-43 AS, dalam sebuah pernyataan.

“[Ia] adalah seorang pria dengan karakter tertinggi dan ayah terbaik yang bisa diminta seorang putra atau putri.”

Banyak penghargaan dan penghormatan diberikan kepada politisi Republikan ini. Donald Trump, memuji “keotentikannya yang esensial, kecerdasannya yang membuatnya disukai, dan komitmennya yang teguh pada iman, keluarga, dan negara.”

Siapa George HW Bush?

Masa jabatan Presiden Bush di kantor didominasi oleh kebijakan luar negeri - jatuhnya komunisme di Eropa Timur dan invasi pemimpin Irak Saddam Hussein ke Kuwait pada tahun 1990.

Dengan berakhirnya komunisme, Bush menyatakan pada pelantikannya: “Angin baru bertiup, dan dunia yang disegarkan oleh kebebasan tampaknya terlahir kembali.”

Bush berperan penting dalam membangun koalisi militer internasional yang memaksa pemimpin Irak Saddam Hussein, keluar dari Kuwait.

Ia menjadi presiden setelah menjalani dua masa jabatan sebagai wakil presiden untuk Ronald Reagan - yang pertama sejak 1836 untuk dipilih menjadi presiden dari wapres.

Tetapi, meskipun mencapai peringkat popularitas 90 persen, Bush dituduh mengabaikan urusan domestik dan dikalahkan oleh Bill Clinton pada pemilu 1992.

Janji kampanyenya yang terkenal tahun 1988 – “Baca mulut saya. Tidak ada pajak baru”- akhirnya menghantuinya ketika ia merasa harus membalikkan kebijakan itu.

Bush memasuki politik pada tahun 1964 setelah menjadi seorang jutawan minyak pada usia 40 tahun.

Selama Perang Dunia II, ia adalah seorang penerbang sebelum ditembak jatuh oleh Jepang pada September 1944 ketika sedang melakukan serangan bom.

Setelah keluar secara terhormat dari angkatan laut AS pada tahun 1945, Bush menikahi Barbara Pierce yang berusia 18 tahun. Pernikahan mereka akan berlangsung selama 73 tahun dan dikaruniai enam anak, George Jr, Robin, Jeb, Neil, Marvin, Dorothy. Robin meninggal dunia pada tahun 1953, pada usia 4 tahun.

Ia meninggalkan lima anak dan pasangan mereka, 17 cucu, delapan cicit, dan dua saudara kandung. (bbc.com)

Back to Home