Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 10:02 WIB | Rabu, 01 Agustus 2018

Mars Berada di Posisi Terdekat dengan Bumi

Planet Mars, yang berjuluk Planet Merah, berada dalam jarak paling dekat dengan bumi selama 15 tahun terakhir. (Foto: Dok satuharapan.com/outerplaces.com)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM – Planet Mars berada pada jarak paling dekat dengan Bumi dalam 15 tahun terakhir pada Hari Selasa (31/7/2018). Orang-orang di Jepang, menurut NHK, bisa melihat planet Mars pada malam hari di langit sebelah selatan.

Masyarakat di seluruh Indonesia, seperti disampaikan Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin, seperti diberitakan CNNIndonesia, dapat menikmati fenomena Mars Approach sejak beberapa hari terakhir hingga awal Agustus ini.

Mars dan Bumi saling berdekatan setiap belasan tahun sekali. Kali ini, Mars yang berjuluk planet merah itu sudah terlihat terang sejak 1 bulan yang lalu, dan bisa dilihat dengan mata telanjang dari Bumi mulai dari memasuki tenggelamnya matahari.

Hari Selasa kemarin, menuut NHK, Mars dan Bumi terpisah hanya 57,59 juta kilometer dan terlihat lima kali lebih besar dibandingkan bulan Januari, saat jaraknya sekitar 300 juta kilometer.

Fenomena yang sama akan terulang kembali pada 11 September 2035. Saat itu, Mars dan Bumi diperkirakan hanya terpisah 56,91 juta kilometer.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home