Loading...
INDONESIA
Penulis: Dewasasri M Wardani 15:46 WIB | Sabtu, 24 Januari 2015

Marwan Jajaki Pengiriman Pemuda Desa Berprestasi ke Taiwan

Menteri Desa, Pemukiman Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar (Foto: dok. satuharapan/antara)


JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar, menjajaki kerja sama dengan Taiwan untuk mengirimkan pemuda desa berprestasi ke Taiwan.
“Di bidang pertanian, Taiwan maju. Nah kita tengah mengirim tim untuk menjajaki kerja sama dengan Taiwan untuk program beasiswa untuk pemuda desa,” kata Marwan dalam siaran pers, Jumat (23/2).
Dikatakannya, program ini sangat berguna bagi penguatan Sumberdaya Manusia di desa.  Sejauh ini, banyak kerja sama dengan Taiwan yang sukses, terutama di sektor pertanian. “Kemarin pas ke Desa Cikarawang Bogor itu berhasil mengembangkan Jambu Kristal. Dulu ini hasil kerja sama dengan Taiwan, dan saat ini diterapkan oleh petani di Cikarawang,” katanya.
Diharapkan, setelah lulus nanti, para pemuda desa itu bisa mempraktikkan ilmunya, untuk  menghidupkan perekenomian desanya. “Syaratnya setelah lulus harus pulang ke kampungnya. Bayangkan jika SDM masyarakat desa bagus, tentu daerah itu bergairah dan bergerak ekonominya,” kata Menteri Marwan.
Menurut Marwan, desa perlu mengidentifikasi produk unggulannya, sehingga bisa dijadikan komoditas pertanian yang bisa menghidupi warga di desa itu. Sekaligus bisa berkontribusi untuk menyukseskan ketahanan pangan.
“Cikarang ikonnya Jambu Kristal, Desa Babakan Ciseeng ikonnya ikan lele, dan seterusnya,” katanya menjelaskan.
 
Pengembangan kawasan perdesaan menjadi bagian dari tugas Kementerian Desa. Karena itu, menurut Marwan, pengembangan ekonomi desa  harus diarahkan pada kawasan perdesaan.
 “Produk-produk unggulan bisa jadi benchmark di kawasan perdesaan. Seperti beberapa desa di Kecamatan Ciseeng Bogor dikenal sebagai desa minapolitan dan seterusnya,” katanya. (kpdt.go.id)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home