Loading...
EKONOMI
Penulis: Bob H. Simbolon 18:07 WIB | Rabu, 04 Mei 2016

Masa Panen Bergeser, Pemerintah akan Percepat Belanja

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution (Foto: Dok Satuharapan.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengatakan pemerintah akan mempercepat pengeluaraan belanja barang dan belanja modal dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di kuartal II.

"Kita melihat pergesaran panen yang harusnya terjadi pada bulan Maret menjadi April akan membuat pertumbuhaan ekonomi kuarta II menurun sehingga pengeluaraan belanja barang dan belanja modal harus dipercepat," kata dia di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian), Jakarta pada hari Rabu (4/5).

Dia menerangkan, penurunan perekonomian kuartal I tahun 2016 dibandingkan pertumbuhan ekonomi kuartal IV tahun 2015 disebabkan pertumbuhan kredit mengalami perlambatan termasuk bergesernya panen yang harusnya terjadi pada bulan Maret menjadi bulan April.

"Sedangkan yang menyebabkan meningkat pertumbuhan ekonomi Kuartal I tahun 2016 dibandingkan pertumbuhan kuartal I Tahun 2015 adalah investasi swasta dan investasi pemerintah termasuk didalamnya belanja barang," kata dia.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal pertama 2016 tumbuh sebesar 4,92 persen year on year (y-on-y).

"Bila dibandingkan dengan kuartal IV 2015, turun sebesar 0,34 persen. Namun ini start yang baik di kuartal I 2016, dibandingkan kuartal pertama 2015 yang sebesar 4,73 persen. Ini yang penting year on year cukup bagus," kata Kepala BPS, Suryamin dalam konferensi pers "Angka Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Triwulan I-2016" di kantor BPS, Jakarta, hari Rabu (4/5).

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home