Google+
Loading...
RELIGI
Penulis: Dewasasri M Wardani 04:51 WIB | Rabu, 14 Februari 2018

Masa Prapaskah 2018 Tujuh Minggu untuk Air

Ilustrasi. Tujuh Minggu untuk air 2018, ziarah keadilan air di wilayah Amerika Latin dan Karibia (LAC). (Foto: oikoumene.org)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM – Menurut tradisi Kristen, Masa Prapaskah adalah saat untuk mempersiapkan perayaan kematian dan kebangkitan Kristus.

Selama periode ini banyak orang terlibat dalam puasa dan berlatih moderasi atau penyangkalan diri, untuk fokus pada pertobatan dan menguduskan diri mereka kepada Tuhan.

Sementara, air memiliki signifikansi spiritual yang kuat dalam tradisi Kristen sebagai hadiah dari Tuhan, sumber daya langka ini terancam dan ditolak jutaan orang di seluruh dunia.

Jaringan Air Ekumenis Dewan Gereja Dunia (WCC-EWN The World Council of Churches Ecumenical Water Network), mengundang kita dalam musim Prapaskah ini untuk merenungkan air. Sejak 2008, EWN telah menyediakan refleksi teologis mingguan dan sumber air lainnya untuk tujuh minggu masa Prapaskah, dan Hari Air Sedunia pada tanggal 22 Maret.

Ziarah Keadilan Air di Amerika Latin

The WCC’s Pilgrimage of Justice and Peace, akan memiliki fokus regional di wilayah Amerika Latin dan Karibia pada tahun 2018. Dengan demikian, Tujuh Minggu untuk Air pada tahun 2018 akan membawa kita pada sebuah ziarah keadilan air di wilayah Amerika Latin dan Karibia (LAC).

Refleksi dan sumber Biblio-teologis selama tujuh minggu akan didasarkan pada krisis air di wilayah LAC, dan mempertimbangkan masalah keadilan dan perdamaian.

Selama Masa Prapaskah 2018, berbagai kegiatan di sekitar Tujuh Minggu untuk Air akan berlangsung di wilayah LAC, dimulai dengan peluncuran Kampanye Prapaskah tentang Keadilan Air di Bogota, Kolombia pada tanggal 14 Februari, Rabu Abu (menurut tradisi kekristenan Barat).

Pemimpin WCC, anggota Reference Group of the Pilgrimage for Justice and Peace, dan Dewan Gereja Amerika Latin, dan gereja-gereja lokal akan berpartisipasi dalam upacara peluncuran.

Refleksi, liturgi dan sumber daya lain akan diunggah ke situs EWN setiap minggu, mulai dari minggu pertama bulan Februari.

Tahun ini refleksi ditulis oleh para teolog dan pemerhati lingkungan dari Amerika Latin dengan perspektif LAC. Kebetulan, World Water Forum juga berlangsung di Brasil selama masa Prapaskah, 18-23 Maret 2018. (oikoumene.org)

Editor : Sotyati

Back to Home