Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 14:43 WIB | Sabtu, 16 Juni 2018

McDonald’s Akan Hentikan Pemakaian Sedotan Plastik

Ilustrasi. Sedotan plastik. (Foto: Food and Drink Technology)

INGGRIS, SATUHARAPAN.COM – McDonald’s akan menggantikan sedotan plastik dengan kertas di semua jaringan restorannya di Inggris dan Irlandia, mulai bulan September.

McDonald’s menambah panjang daftar perusahaan yang meninggalkan penggunaan produk plastik sekali pakai yang memerlukan ratusan tahun agar bisa terurai, jika tidak didaur ulang.

Jaringan rumah makan ini menggunakan 1,8 juta sedotan setiap hari di Inggris.

“Mewakili perdebatan masyarakat yang lebih luas, pelanggan mengatakan kepada kami keinginan mereka terkait dengan penggunaan sedotan,” kata perusahaan itu.

Keputusan itu diambil setelah uji coba di sejumlah restoran pada permulaan tahun ini dianggap berhasil. Langkah ke sedotan kertas akan rampung pada tahun depan.

Menteri Lingkungan Inggris Michael Gove mengatakan hal ini sebagai “sumbangan penting” untuk membantu lingkungan, dan menambahkan ini adalah “contoh yang baik untuk bisnis yang lebih besar”.

Larangan ini tidak diperluas pada bagian lain dari jaringan raksasa makanan ini, tetapi percobaan sejenis akan dimulai di sejumlah gerainya di AS, Prancis, dan Norwegia.

Di beberapa negara lain, sedotan hanya diberikan jika diminta pelanggan.

Pada bulan April, pemerintah mengusulkan larangan sedotan plastik dan pembersih dari kapas di Inggris. Tetapi banyak kalangan dunia usaha, seperti Waitrose, Costa Coffee, dan Wagamama, sudah beraksi sebelumnya.

Semua pub JD Wetherspoon berhenti menggunakan sedotan plastik pada permulaan tahun. Pizza Express menyatakan akan menggantikan semua sedotan plastik dengan bahan yang dapat didaur ulang secara alamiah pada musim panas tahun 2018.

Dan lebih dari 60 acara di Inggris - termasuk Boardmasters dan Bestival - telah melarang sedotan plastik sebagai bagian dari janji membuang plastik sekali pakai di tempat acara pada tahun 2021.

Kebanyakan sedotan plastik terbuat dari polypropylene dan polystyrene, yang kecuali didaur ulang akan memerlukan ratusan tahun agar dapat terurai.

Sebagian besar dari plastik ini berakhir di TPA dan laut. Program Blue Planet II BBC menggarisbawahi kerusakan yang ditimbulkan plastik bagi kehidupan laut.

Tetapi tidak semua orang memandang pelarangan total sebagai jawaban.

Sedotan plastik memungkinkan banyak orang cacat di dunia dapat minum tanpa bantuan, kata Baroness Tanni Grey-Thompson. Dia mengatakan sedotan kertas tidak selalu cocok dan aman.

Tetra Pak, perusahaan bungkus makanan, menyatakan sedotan plastik memerankan fungsi “penting” dan seharusnya tidak dilarang.

Mereka memandang sedotan dapat didaur ulang bersama-sama dengan karton jika ditaruh kembali ke dalam kotak.

Transcend Packaging di Wales, dan Huhtamaki di Belfast, akan memasok sedotan ke 1.361 rumah makan McDonald’s.

Sedotan akan menggunakan kertas dari sumber berkelanjutan, perusahaan tersebut menyatakan.

“Rencana ambisius pemerintah, bersama-sama dengan kuatnya opini masyarakat, telah membantu peningkatan usaha meninggalkan plastik dan saya bangga kami mampu berperan,” kata Paul Pomroy, pimpinan McDonald’s Inggris dan Irlandia. (bbc.com)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home