Loading...
MEDIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 14:19 WIB | Sabtu, 13 Februari 2016

Media Inggris "The Independent" Tinggalkan Edisi Cetak

Media asal Inggris, The Independent dan Independent on Sunday, secara resmi meninggalkan edisi cetak pada bulan Maret 2016 mendatang. (Foto: The Independent)

LONDON, SATUHARAPAN.COM – Media asal Inggris, The Independent dan Independent on Sunday, secara resmi meninggalkan edisi cetak pada bulan Maret 2016 mendatang. Menurut perusahaan yang menaungi The Independent, ESI Media, selanjutnya, The Independent hanya hadir dalam versi online demi memastikan masa depan yang berkelanjutan dan menguntungkan.

Edisi cetak The Independent yang terakhir akan terbit pada hari Sabtu, 26 Maret 2016. Sementara itu, edisi terakhir Independent on Sunday akan terbit pada tanggal 20 Maret 2016.

Seiring dengan langkah tersebut, ESI Media juga mengatakan akan ada pemangkasan karyawan pula. Namun, ESI Media menawarkan 25 pekerjaan baru di bidang konten digital.

"Keputusan ini untuk mempertahankan brand The Independent dan memungkinkan kami untuk terus berinvestasi di konten editorial berkualitas tinggi yang menarik lebih banyak pembaca ke platform online kami," kata pemilik The Independent, Evgeny Lebedev, seperti dikutip dari The Independent, hari Sabtu (13/2).

Evgeny menerangkan, pertumbuhan dunia digital dalam tiga tahun ke belakang, sukses membuat versi online milik The Independent, independent.co.uk, berkembang pesat. Bahkan dalam satu tahun terakhir, pengunjung independent.co.uk meningkat sebesar 33,3 persen ke angka 70 juta pengunjung.

Oleh karena itu, dia berharap, langkah meninggalkan edisi cetak dapat meningkatkan pendapatan The Independent sebesar 50 persen pada tahun 2016 ini.

"Industri surat kabar berubah, dan perubahan itu didorong oleh pembaca. Mereka menunjukkan kepada kita bahwa masa depan adalah digital. Keputusan ini mempertahankan The Independent, semoga memungkinkan kita untuk terus berinvestasi dalam konten editorial berkualitas tinggi yang menarik semakin banyak pembaca untuk platform online kami,” katanya.

The Independent didirikan tahun 1986. Akan tetapi, angka sirkulasi per Desember 2015 menunjukkan rata-rata oplah per hari hanya mencapai 56.074 eksemplar.

Angka tersebut jauh di bawah penjualan pesaingnya di bisnis surat kabar nasional Inggris. Misalnya saja, surat kabar The Sun meraup oplah 180.000 eksemplar dan The Guardian mencapai 166.000 eksemplar.

Pada masa-masa awal berdirinya, oplah The Independent pernah mencapai puncaknya, yakni 428.000 eksemplar per hari. Namun, 25 tahun kemudian, oplah pada hari kerja hanya mencapai kisaran 28.000 eksemplar.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home