Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 14:31 WIB | Selasa, 25 April 2017

Media Korut Peringatkan Pyongyang akan 'Binasakan' AS

Wakil Presiden AS Mike Pence (kanan) melambaikan tangan saat tiba di fasilitas pangkalan udara AS di Atsugi, Kanagawa 18 April 2017. Pence tiba di Tokyo pada 18 April, bersamaan dengan ucapan pejabat Korea Utara yang berjanji akan meningkatkan uji coba misil negaranya, terang-terangan menentang peringatan dari AS. (Foto: AFP)

SEOUL, SATUHARAPAN.COM - Situs resmi Korea Utara pada Senin (24/4) memperingatkan bahwa Pyongyang akan “membinasakan” Amerika Serikat (AS) jika Washington menyulut perang di semenanjung Korea, ancaman terbaru yang meningkatkan ketegangan di kawasan itu.

Kapal induk Amerika Serikat Carl Vinson akan tiba di perairan di lepas pantai semenanjung Korea “dalam beberapa hari mendatang,” kata Wakil Presiden Mike Pence pada Sabtu, di tengah pemberitaan Korea Utara mungkin sedang menyiapkan uji coba nuklir keenam.

Pyongyang diyakini masih jauh dalam mencapai tujuannya untuk menciptakan sebuah rudal yang dapat menjangkau daratan AS, tapi negara tertutup tersebut meningkatkan retorikanya dalam beberapa pekan terakhir dan melakukan dua uji coba roket pada bulan ini saja.

Dalam serangkaian editorial, surat kabar Rodong Sinmun -- penyambung lidah partai berkuasa Partai Buruh -- melansir pasukan Korea Utara tidak gentar dan menyebut kedatangan unit pemukul Amerika Serikat sebagai pemerasan militer secara terang-terangan.

“Ancaman semacam itu mungkin mengejutkan ubur-ubur, tapi tidak akan mempan terhadap DPRK (Korea Utara),” katanya pada Senin.

Sehari sebelumnya, situs tersebut melaporkan pasukan revolusioner Korea Utara “siap untuk menenggelamkan kapal induk nuklir Amerika Serikat dengan satu serangan.”

Retorika Pyongyang meningkat setiap musim semi, ketika AS dan Korea Selatan mengadakan latihan militer gabungan yang dipandangnya sebagai latihan untuk serangan di Korea Utara. (AFP)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home