Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 17:49 WIB | Sabtu, 27 September 2014

Membandingkan Kiamat Versi Alkitab dan Film Nicolas Cage

Poster film Left Behind yang akan rilis 3 Oktober. Film ini berkisah tentang akhir zaman. (Sumber: leftbehindmovie.com)

SATUHARAPAN.COM – Craig S. Keener, guru besar Asbury Theological Seminary membandingkan peristiwa pengangkatan orang-orang Kristen saat akhir zaman sebelum Yesus Kristus datang untuk kedua kali, menurut Alkitab dan menurut film Left Behind.

Left Behind, film thriller apokaliptik yang dibintangi Nicholas Cage akan rilis di Amerika Serikat pada 3 Oktober mendatang. Premis utama dari Left Behind adalah bahwa kebanyakan orang akan ditinggalkan di dunia, dan orang Kristen diangkat ke surga. Saat sejarah mencapai puncaknya sebelum Yesus Kristus kembali untuk menguasai dunia, dunia mengalami kesusahan mengerikan. Namun, pengikut sejati Yesus, selamat dari periode akhir ini penderitaan, karena mereka “diangkat” diambil dari dunia.

Dalam Left Behind, Nicolas Cage berperan sebagai pilot bernama Rayford Steele. Ia harus berjuang menyelamatkan banyak orang dalam sebuah pesawat yang mendadak gaduh karena beberapa penumpang menghilang.

Namun bukan hanya itu, Rayford Steele dan putrinya, Chloe Steele, (Cassi Thomson) dibuat panik saat tahu ternyata di bumi juga dilanda masalah. Jutaan orang juga mendadak menghilang secara misterius tanpa diketahui penyebabnya.

Hanya pakaian dan benda peninggalan mereka yang tersisa. Istri dan anak bungsu Rayford Steele juga ikut lenyap. Mereka yang selamat kini harus menghadapi serangkaian insiden berbahaya.

Film ini diadaptasi dari novel karangan Tim LaHaye dan Jerry Jenkins yang berjudul sama yang telah terjual lebih dari 65 juta eksemplar di seluruh dunia. Film arahan sutradara Vic Armstrong itu juga merupakan reboot film Kirk Cameron, Left Behind: The Movie (2000).

Bagi mereka yang belum pernah mendengar premis ini, ini adalah salah satu diyakini oleh banyak orang. Kepercayaan ini dipromosikan pada awal abad kedua puluh oleh Scofield Reference Bible, pada 1970-an oleh buku karya Hal Lindsey Late, Great Planet Earth, dan hari ini oleh novel dan film Left Behind. Banyak denominasi dan gereja didirikan pada abad kedua puluh, serta gerakan global yang mengikutinya, mendukung dasar teologi ala left behind ini.

Banyak orang di gereja-gereja ini mengambil begitu saja bahwa teologi tentang orang-orang yang ditinggal di bumi pada akhir zaman adalah alkitabiah. Mereka mungkin akan terkejut menemukan bahwa tidak ada teks Alkitab secara spesifik dan tegas menyebutkan orang-orang percaya akan diangkat sebelum masa Kesusahan Besar berakhir (Why. 7:14).

Keterbatasan ini yang mungkin mengapa kita tidak memiliki catatan yang jelas dari penafsir Alkitab dalam topik ini sebelum 1830 Pandangan tentang orang-orang non-Kristen yang ditinggalkan di bumi tidak pernah diungkapkan oleh para bapa gereja, pun bukan oleh reformator seperti Luther atau Calvin. Juga, tak satu pun dari para pemimpin gerakan kebangkitan rohani seperti John Wesley, Jonathan Edwards, atau Charles Finney yang mengajarkan ini. Keener cukup yakin bahwa hari ini sebagian besar pakar Alkitab pun menolak teologi ini.

Menurut Alkitab

Ayat-ayat dalam Alkitab memang mengajarkan bahwa Yesus akan kembali, bahwa ia akan mengumpulkan para pengikutnya, dan bahwa ia akan membawa keadilan dengan menghukum mereka yang memilih jahat daripada kebenaran.

Pasal-pasal di dalamnya juga menjanjikan masa depan yang berikutnya akan berisi keadilan dan perdamaian. Dengan menunjukkan bahwa Tuhan menghargai keadilan dan perdamaian, bagian-bagian seperti juga mengajak para pengikutnya untuk bekerja dengan nilai-nilai tersebut sekarang. Beberapa bagian Perjanjian Baru lebih berbagi harapan Yahudi kuno tentang periode akhir zaman yang penuh kesusahan, meskipun para teolog memperdebatkan apa artinya ini.

Tapi ada bagian yang jelas mendukung orang-orang Kristen akan “diangkat” sebelum masa kesengsaraan. Kitab Wahyu menjelaskan penderitaan, banyak yang mencirikan sebagian besar kita hidup di dunia. Namun, walaupun Wahyu menggambarkan Tuhan melindungi setidaknya beberapa umat-Nya, tidak disebutkan orang Kristen akan diangkat.

Deskripsi lengkap pertama Wahyu tentang kedatangan kedua Yesus Kristus , yang banyak ditafsirkan sebagai kebangkitan orang Kristen (“kebangkitan pertama”) muncul menjelang akhir kitab (Why. 19: 11-16; 20: 4-5). Sepanjang bagian tengah Wahyu, hamba Allah menderita di bumi dan, setelah kematian, beribadah di surga.

Yang mendukung pengangkatan mendahului Kesusahan Besar, beberapa mengacu ke Wahyu 4: “... Naiklah kemari dan Aku akan menunjukkan kepadamu apa yang harus terjadi sesudah ini.” Ini adalah suara yang mengundang Yohanes—sang penulis Kitab Wahyu. Tapi, suara ini mengundang dalam penglihatan Yohanes, bukan pengangkatan gereja (bdk Why. 17: 1, 21:9). Lebih persuasif, beberapa menarik janji Yesus untuk beberapa orang Kristen di Wahyu 3:10: “...maka Aku pun akan melindungi engkau dari hari pencobaan yang akan datang atas seluruh dunia untuk mencobai mereka yang tinggal di bumi.” Kata-kata ini bagaimanapun dapat berarti “melindungi dari sementara di sana” (seperti dalam Yoh. 17:15)—pemahaman yang lebih baik sesuai dengan sisa Wahyu.

Banyak yang membandingkan dengan 2 Tesalonika 2: 3-7, saat yang menahan kejahatan akan disingkirkan sebelum kedatangan Pendurhaka (apa yang banyak sebut “antikristus”). Para pakar mengusulkan berbagai macam penafsiran di sini, tapi satu konteks yang tidak mungkin ada adalah bahwa bagian itu menjelaskan pengangkatan orang Kristen. Penguasa Durhaka datang sebelum Yesus datang untuk mengumpulkan umat-Nya (2: 1-3), ketika Yesus akan menghancurkan orang fasik (2: 8). Selanjutnya dalam konteks, pengikut Yesus tidak menerima pembebasan akhir dari penderitaan sampai kedatangan-Nya kembali untuk menghakimi dunia (1: 5-10).

Saya bisa meringkas tiga argumen lagi tentang teologi “mereka yang ditinggalkan” ini. Beberapa protes bahwa walaupun Yesus akan datang tiba-tiba, ia harus kembali sebelum masa Kesusahan Besar. Sayangnya untuk argumen ini, kebanyakan teks yang berbicara tentang kedatangan Yesus yang tak terduga adalah dalam konteks yang merujuk jelas pada kedatangannya untuk menghakimi dunia. Namun, tanpa referensi khusus kejadian beberapa tahun sebelum (Mat. 24: 29-31, 43-44; 2 Ptr. 3:10, Why. 16: 15-21). Memang, ayat-ayat lain memanggil orang Kristen untuk menantikan “penampakan” Yesus Kristus  (Ti 2:13) dan penghakiman terakhir (2 Ptr 3:12).

Dalam konteks, kata Yesus yang menyebutkan beberapa yang “tertinggal” bisa merujuk ke orang benar ditinggalkan ketika orang-orang jahat “diambil” untuk dihakimi (Mat. 24: 38-41), dan burung bangkai memakan mayatnya (Luk. 17: 34-37)!

Akhirnya, beberapa berpendapat bahwa orang Kristen akan melarikan diri “murka” Allah (mengutip Paulus dalam 1 Tes. 1:10; 5: 9). Tapi, surat Paulus lainnya mengungkapkan bahwa pembebasan dari murka Allah berarti bahwa pengikut Yesus diampuni karena nama-Nya (Rm. 5: 9). Ini tidak mengacu pada melarikan diri kesusahan. Bahkan ketika Wahyu menggunakan istilah Yunani yang digunakan Paulus di sini, mengacu pada penghakiman terakhir, bukan kesengsaraan sebelumnya. (Wahyu dapat menggunakan istilah Yunani yang berbeda untuk murka Allah selama kesusahan, tapi bahkan istilah Yunani mengacu lebih sering untuk penghakiman terakhir.)

Kesimpulan

Banyak buku mendukung atau melawan teologi “left behind” ini. Ketika saya bertanya apa buku yang saya sarankan untuk melawan teologi pengangkatan orang Kristen ini, saya biasanya merekomendasikan bahwa orang membaca buku yang mendukung teologi itu dan kemudian mencari dalam konteks semua kutipan ayatnya. Setelah saya menjadi seorang Kristen, saya awalnya dididik dalam teologi “orang yang ditinggalkan” itu sendiri. Namun, setelah mulai membaca Alkitab dengan hati-hati, saya menemukan bahwa setiap teks yang mendukung pandangan ini adalah di luar konteks.

Saya akan menantang pendukung pandangan ini untuk membaca Alkitab sejujur ​​mungkin dengan pertanyaan ini dalam pikiran. Jika Anda belum pernah diajari tentang kekristenan, apakah Anda mengenali sebuah persekutuan orang percaya sebelum Kesusahan Besar, atau akan Anda mengidentifikasi pengikut Kristus dengan apa terjadi pada saat kedatangan Yesus setelah Kesusahan Besar (misalnya, Mat. 24:31, Mrk. 13: 24-27)?

Saya siap menunda mengkritik film ini. Terutama, jika ada pertanyaan, apa yang tersisa dari teologi ini jika premis “tertinggal” dihapus. Namun, jika orang Kristen tidak meninggalkan dunia, kita semua bersama-sama saat ini. Jika demikian, itu mungkin berarti bahwa Tuhan ingin kita tetap mengasihi dan melayani sesama kita untuk sementara. (huffingtonpost.com)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home