Loading...
INDONESIA
Penulis: Reporter Satuharapan 11:31 WIB | Jumat, 22 Maret 2019

Memkominfo Targetkan Palapa Ring Barat, Tengah, Timur Terintegrasi Juni

Ilustrasi. Menteri Kominfo Rudiantara dalam Festival Teknologi Palapa Ring yang digelar Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti), di Ruang Serbaguna Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu (20/03/2019). (Foto: kominfo.go.id/AYH)

JAKARTA, SATUHARAPAN.OM – Pemerintah menargetkan pada pertengan tahun 2019 ini konstruksi Palapa Ring Timur akan diselesaikan. Dengan demikian, keseluruhan dari Palapa Ring sudah akan mencapai 100 persen.

“Insyaallah pertengahan tahun ini kita bisa integrasikan keseluruhan dari proyek Palapa Ring ini. Karena statusnya 94 persen konstruksinya untuk Palapa Ring Timur, paling lama bulan Juni 2019 sudah diintegrasikan semuanya yang mencakup Barat, Tengah, dan Timur,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, di Jakarta, Rabu (20/3), dalam siaran pers Humas Kemenkominfo yang dilansir setkab.go.id.

Pemerintah, lanjut Menkominfo, berkomitmen untuk melakukan apa pun demi kemaslahatan masyarakat, dan tidak akan menyerah melakukan sesuatu hal yang telah menjadi keharusan. Salah satunya melalui Proyek Palapa Ring.

“Memang berat, tapi tentunya kami tidak menyerah karena keharusan adalah keharusan, mengkoneksikan semua kabupaten dan kota madya di seluruh Indonesia dengan jaringan internet kecepatan tinggi,” Menkominfo menjelaskan.

Terkait Palapa Ring Timur, Menteri Rudiantara mengatakan ada kesulitan yang dihadapi para pekerja khususnya di sebagian wilayah Papua dan Papua Barat. Mereka harus melewati pegunungan tinggi untuk membangun tower.

“Nanti saya tunjukkan foto bagaimana susahnya sebetulnya di Papua, karena di Papua itu ada gunung yang kita harus pasang tower, dan satu-satunya jalan adalah menggunakan helikopter,” ia mengungkapkan.

Lebih lanjut, Rudiantara berkomitmen dalam proses penyelesaian proyek Palapa Ring ini akan menjadi bagian dari upaya pemerintah untuk menghubungkan seluruh kepulauan di Indonesia melalui internet kecepatan tinggi.

Bukan Perkara Enteng

Sementara itu Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kementerian Kominfo, Anang Latif mengatakan, proses pelaksanaan proyek Palapa Ring bukanlah perkara enteng. Lebih dari satu dasawarsa, proyek ini diupayakan rampung.

Ia menyebutkan, masa konstruksi Palapa Ring merupakan pekerjaan yang sebenarnya sudah harus diselesaikan oleh operator telekomunikasi, seperti Indosat dan Telkom. Namun, karena beberapa operator telekomunikasi sudah tidak lagi menjadi 100 persen BUMN pemerintah, meninggalkan pekerjaan yang telah diinisiasi sejak tahun 2005 ini.

“Perjalanan proyek Palapa Ring yang cukup panjang ini baru bisa dilaksanakan dan akan diselesaikan pada pemerintahan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla,” kata Anang melalui sambutannya di Festival Teknologi Palapa Ring di Gedung Serbaguna Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu (20/3).

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home