Loading...
INDONESIA
Penulis: Sotyati 12:53 WIB | Senin, 24 Februari 2014

Menag Serukan Tiga Semangat Persaudaraan

Menag Suryadharma Ali dalam acara Gerak Jalan Kerukunan di Palangkaraya, Kalteng. (Foto: kemenag.go.id)

PALANGKARAYA, SATUHARAPAN.COM - Kerukunan adalah sumbangan terbesar para tokoh agama untuk bangsa ini. Karena itu, seperti dikemukakan Menteri Agama Suryadharma Ali saat membuka sekaligus mengikuti Gerak Jalan Kerukunan di  Lapangan Sanaman Mantikei, Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah (Kalteng), Sabtu (22/2), menjadi kewajiban kita untuk terus merawat dan menjaganya.

“Mari kita jaga dan lestarikan tiga semangat persaudaraan,” pekik Menag di hadapan lebih dari 20 ribu peserta Gerak Jalan Kerukunan dari berbagai daerah di Kalteng.

Menag mengatakan ada tiga semangat persaudaraan yang harus terus dipupuk. Pertama, semangat persaudaraan seagama. Terjalinnya kerukunan dalam satu agama, seperti umat Kristen dan Kristen,  Hindu dengan Hindu, juga antarumat lainnya, akan menjadikan kuat, tidak mudah dipecah-belah.

Kedua, semangat persaudaraan sebangsa. “Mari, lupakan egoisme agama, egoisme suku, daerah, bahasa, budaya, etnik, dan lain sebagainya. Hanya ada satu kata, Indonesia,” Menag menegaskan.

Ketiga, semangat persaudaraan sesama manusia. “Apa pun asal negara kita, kita adalah makhluk ciptaan Tuhan. Tuhan kita satu, artinya kita semua saudara, karena sesama ciptaan Tuhan. Saudara kita bukan hanya orang Kalimantan, orang Jawa, ataupun Sulawesi, dan lainnya, tetapi umat seluruh dunia tanpa harus melihat negara asal,” Menag menjelaskan.

Para tokoh dan umat beragama memiliki tugas dan kewajiban untuk mengimplementasikan tiga semangat persaudaraan itu, agar ke depan, cita-cita bangsa sebagai bagian dari dunia, bisa terealisasi.

Menag mengucapkan terima kasihnya kepada Gubernur, jajaran Kanwil, TNI/Polri, dan seluruh peserta gerak jalan, yang telah berjuang untuk memupuk kerukunan itu. “Semoga Allah SWT melipatgandakan amal perbuatan kita,” harapan Menag yang diamini peserta Gerak Jalan Kerukunan.

Seusai memberikan sambutan, Menag memberikan sertifikat produk halal kepada 10 produsen industri skala rumah di wilayah Kalteng.

Gerak Jalan Kerukunan itu juga diikuti Dirjen Pendis, Dirjen Bimas Hindu, Dirjen Bimas Buddha, Dirjen Bimas Khatolik, Dirjen Bimas Kristen, Sesditjen Bimas Islam, Kapinmas,  Kakanwil Kemenag Kalteng, TNI/Polri, dan lain sebagainya. (kemenag.go.id)

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home