Loading...
INDONESIA
Penulis: Elvis Sendouw 11:04 WIB | Rabu, 03 September 2014

Menakertrans: PKB Perusahaan Penting untuk Hindari Perselisihan

Muhaimin Iskandar, dalam kapasitas Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa, saat memberikan keterangan kepada wartawan.(Foto: Elvis Sendouw)

TANGERANG, SATUHARAPAN.COM - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar mengatakan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) perusahaan sangat penting untuk menghindari perselisihan antara pekerja dan manajemen.

"Jadi kalau sudah ada PKB, tidak ada perselisihan karena sudah ada mekanisme penyelesaiannya," kata Menakertrans Muhaimin usai menyaksikan penandatanganan ke-4 PKB PT Garuda Indonesia (Persero) di Tangerang, Banten, Selasa (3/9). 

Penandatangan PKB tersebut dilakukan oleh Manajemen Garuda Indonesia dengan Serikat Karyawan Garuda Indonesia (Sekarga), Asosiasi Pilot Garuda Indonesia (APG), dan Ikatan Awak Kabin Garuda Indonesia (Imakgi).

Perundingan PKB Garuda Indonesia 2014-2016 itu berhasil diselesaikan dalam waktu singkat, 10 hari, berisikan aturan mengenai jenjang karier, jalur profesional, evaluasi jabatan, exit door, peran kepengurusann, uang lembur, PMS, serta uang makan dan transpor.

Menakertrans menyampaikan penghargaan kepada jajaran manajemen dan serikat pekerja Garuda Indonesia yang berhasil menyelesaikan pembahasan PKB tersebut dalam waktu singkat.

Lebih lanjut, Muhaimin menyebutkan keberadaan PKB adalah sebagai filosofi kebersamaan yang diturunkan dalam pasal-pasal yang menjadi komitmen serta pola hubungan yang produktif.

"Tentu muaranya (PKB) untuk wartawan ya kesejahteraan. Muara untuk manajemen ya kemajuan perusahaan," dia menncontohkan. 

Untuk menjaga hubungan industrial yang kondusif, pemerintah juga melakukan berbagai upaya antara lain perbaikan regulasi, penguatan kelembagaan dewan pengupahan baik nasional maupun daerah, serta menggelar dialog sosial dengan serikat pekerja/serikat buruh. (Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home