Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Francisca Christy Rosana 10:53 WIB | Minggu, 08 Februari 2015

Mengintip Penyu Sisik di Pulau Seribu

Mengintip Penyu Sisik di Pulau Seribu
Penyu yang terdapat di penangkaran Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu adalah penyu jenis sisik atau Eretmochelys imbricate. (Foto-foto: Francisca Christy Rosana)
Mengintip Penyu Sisik di Pulau Seribu
Penyu sisik memiliki bentuk tubuh yang datar, dengan sebuah karapaks sabagai pelindung, dan sirip menyerupai lengan yang beradaptasi untuk berenang di samudra terbuka.
Mengintip Penyu Sisik di Pulau Seribu
Cangkang penyu sisik dapat berubah warna, sesuai dengan temperatur air.
Mengintip Penyu Sisik di Pulau Seribu
Bayi penyu yang mati disimpan dalam toples-topes putih untuk kepentingan penelitian.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Pulau Seribu seakan menyimpan banyak potensi yang tak banyak diketahui masyarakat, salah satunya ialah penangkaran penyu. Penangkaran Penyu terletak di Pulau Pramuka, Kelurahan Pulau Panggang, Kepulauan Seribu.

Letaknya yang berada di tengah-tengah perkampungan membuat penangkaran ini cukup sepi pengunjung. Padahal, pengunjung yang datang bisa menyentuh penyu secara langsung.

Salim, kepala penangkaran penyu Pulau Pramuka menjelaskan penyu yang terdapat di penangkaran ini adalah penyu jenis sisik atau Eretmochelys imbricate. Penyu yang saat ini jumlanya kurang lebih 20 ekor apabila sudah cukup dewasa akan dilepas di habitat aslinya, yakni di laut.

Untuk proses penetasan telur, pihak penangkaran telah menyiapkan ruang khusus, yakni ruang luas yang dipenuhi pasir pantai bertekstur sangat lembut. Pemilihan pasir pantai untu ruang penetasan telur ini memang tak bisa sembarangan karena telur hanya akan bertahan di pasir yang sangat lembut.

Sementara itu, untuk bayi penyu yang mati, pihak penangkaran tak langsung membuangnya, namun disimpan dalam toples-topes putih untuk kepentingan penelitian.

Pengunjung yang masuk ke penangkaran tak dikenai biaya khusus, artinya pengunjung dapat membayar retribusi sukarela.

Penyu Sisik

Penyu sisik (Eretmochelys imbricata) adalah jenis penyu terancam punah yang tergolong dalam familia Cheloniidae. Penyu ini adalah satu-satunya spesies dalam genusnya. Spesies ini memiliki persebaran di seluruh dunia dengan dua subspesies terdapat di Atlantik dan Pasifik.

Penampilan penyu sisik mirip dengan penyu lainnya. Penyu ini memiliki bentuk tubuh yang datar, dengan sebuah karapaks sabagai pelindung, dan sirip menyerupai lengan yang beradaptasi untuk berenang di samudra terbuka.

Cangkang penyu sisik dapat berubah warna, sesuai dengan temperatur air. Walaupun penyu ini menghabiskan separuh hidupnya di samudra terbuka, sesekali mereka juga mendatangi laguna yang dangkal dan terumbu karang.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home