Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 11:59 WIB | Kamis, 27 September 2018

Mengunjungi Suami-Istri Tertua di Jepang yang Diakui Guinness

Pasangan Miyako Sonoda dan Masao Matsumoto, yang diakui Guinness World Records sebagai psangan suami-istri tertua yang masih hidup, berfoto bersama anak, cucu, dan cicit. (Foto: Guinness World Records)

TAKAMATSU, SATUHARAPAN.COM – Sepasang suami istri di Jepang diakui Guinness World Records pada bulan Juli 2018 sebagai pasangan suami-istri tertua yang masih hidup. Pada hari Selasa (25/9) lalu, seperti diberitakan Kyodo News, pasangan itu mendapat kehormatan dikunjungi wali kota setempat.

Pasangan itu, Masao Matsumoto, 108 tahun, dan Miyako Sonoda, 100 tahun, kini bersama-sama tinggal di panti wreda di Kota Takamatsu, Prefektur Kagawa. Pasangan itu menikah lebih dari 80 tahun yang lalu. Pada 25 Juli 2018, pasangan itu menjadi pemegang rekor terbaru sebagai pasangan tertua yang masih hidup.

Ketika ditanya Wali Kota Takamatsu Hideto Onishi rahasia untuk umur panjang, sang suami menjawab, “Saya suka berolahraga, jadi saya pikir saya memiliki tubuh yang sehat.”

Istrinya tersenyum dan berkata, “Takamatsu adalah tempat yang sangat menyenangkan.”

Keduanya berasal dari Oita Prefektur, Jepang barat daya, dan menikah pada tahun 1937. Pasangan itu memiliki lima anak perempuan, 13 cucu dan 25 cicit.

Enam bulan setelah pernikahan mereka, Masao direkrut oleh Angkatan Darat Kekaisaran Jepang dan dikirim ke Tiongkok selama perang.

Setelah kembali ke keluarganya pada tahun 1946, Masao menjadi pekerja pelabuhan dan kementerian transportasi dan pasangan itu tinggal di sekitar pantai Laut Pedalaman Seto.

Keluarga Matsumoto pindah ke Takamatsu setelah Masao pensiun, untuk menikmati iklim hangat kota itu. Masao mendapatkan pekerjaan baru.

Menurut Guinness, putri mereka percaya bahwa umur panjang pasangan itu bukan hanya karena kebugaran Masao, tetapi juga berkat Miyako yang selalu menyiapkan makanan sehat dan lezat untuk keluarga sampai ia berusia 98 tahun.

Ketika anggota keluarga berkunjung ke panti wreda mereka untuk mengambil foto dengan sertifikat resmi Guinness, Masao yang kini terikat di kursi roda, menyempatkan diri pergi bersama keluarga ke restoran mi udon di dekat tempat tinggal mereka. Pasangan itu tetap memegang tradisi menjamu tamunya dengan udon yang lezat, kata Guinness. Mi adalah menu masakan khas Prefektur Kagawa.

Pemegang rekor untuk pasangan menikah tertua yang pernah ada adalah pasangan Norwegia, Karl Dolven (1897-2004) dan Gurdren Dolven (1900-2004), yang memiliki usia gabungan 210 tahun, menurut Guinness. Pasangan Masao dan Miyako memiliki usia gabungan 208 tahun. (kyodonews.net)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home