Loading...
EKONOMI
Penulis: Prasasta Widiadi 11:15 WIB | Jumat, 27 Januari 2017

Menjadi Pengusaha Sama Artinya Melebarkan Silaturahim

Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut tiga, Sandiaga Salahuddin Uno (tengah) beberapa saat setelah memberi materi di Seminar OKOCE, hari Kamis (26/1), di Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Center, Jl. Turi II, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. (Foto: Prasasta Widiadi)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta nomor urut tiga, Sandiaga Salahuddin Uno mengemukakan menjadi pengusaha sama artinya dengan melebarkan jaringan bisnis.

Sandiaga mengatakan hal tersebut saat menceritakan makna kesuksesan di balik pengalamannya sebagai pengusaha di   Seminar OKOCE (One Kecamatan One Center Entrepreneurship), hari Kamis (26/1), di Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Center, Jl. Turi II, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Sandiaga mengatakan pengusaha yang dikatakan sukses dalam versi dia adalah pengusaha yang mampu memberi pendampingan (mentoring) kepada pengusaha pemula.

“Banyak pengusaha sukses yang mau berbagi (mentoring), karena ternyata dibalik berbagi mengandung makna silaturahim, dan dibalik silaturahim mengandung rizkinya sendiri,” kata Sandiaga.

“Berdasar pengalaman saya pengusaha pemula akan dapat keuntungan sampai empat kali lipat kalau diberikan mentorship atau pendampingan oleh pengusaha yang sukses,” kata Sandiaga.

Sandiaga mengemukakan saat sudah menjadi pengusaha berskala besar dia seringkali ditanya banyak teman dan kolega sesama pengusaha sukses, kenapa Sandiaga seolah-olah membuang-buang waktu dengan memberi mentoring atau memandu pengusaha pemula di level Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Jadi, biar saya dibilang teman-teman saya membuang waktu melakukan pendampingan (mentoring), saya tidak merasa membuang-buang waktu karena dengan pendampingan  jaringan bisnis saya mengalami peningkatan hingga dua sampai tiga kali lipat, saya percaya itu adalah hasil silaturahim dengan umkm yang tersebar di wilayah Jakarta,” kata Sandiaga.

Sandiaga mengaitkan antara silaturahim dan program OKOCE (One Kecamatan One Center Entrepreneurship) yang menjadi salah satu program unggulannya di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta.

Menurut Sandiaga, dengan OKOCE yang juga bertujuan untuk memicu pertumbuhan ekonomi Provinsi DKI Jakarta, maka juga peningkatan kualitas silaturahim antarwarga Jakarta.

“Kita tunjukan kepada orang yang ragu, dan kepada orang yang skeptis (tentang program OKOCE) bahwa ini adalah program yang sudah berjalan, dan tidak bisa dibilang awang-awang karena memang sudah berjalan dan sudah terbukti,” kata Sandiaga.

“Saya kan bukan petahana (pasangan calon yang masih menjabat posisi gubernur dan wakil) maka semua program dibilang awang-awang, dan saya mau buktikan sekarang dengan program ini membuahkan hasil, walau saya belum menjabat,"  kata Sandiaga.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home