Loading...
INSPIRASI
Penulis: Yoel M Indrasmoro 08:44 WIB | Sabtu, 04 November 2017

Menjadi Teladan

Menjadi teladan merupakan panggilan setiap orang tua.
Digugu dan ditiru (foto: istimewa)

SATUHARAPAN.COM – ”Sebab itu turutilah dan lakukanlah segala sesuatu yang mereka ajarkan kepadamu, tetapi janganlah kamu turuti perbuatan-perbuatan mereka, karena mereka mengajarkannya tetapi tidak melakukannya” (Mat. 23:3).

Kata-kata Yesus mengenai ahli Taurat dan orang Farisi memang keras. Tetapi, bukan tanpa dasar. Kecaman Yesus itu bertolak pada kenyataan bahwa ahli Taurat dan orang Farisi itu sibuk mengajarkan Taurat, tetapi tidak melakukannya. Mereka jago ngomong, tapi kopong. Tong kosong nyaring bunyinya. Mereka cuma ngomong doang. Ungkapan Jawanya: jarkoni, iso ngajar ora iso nglakoni.

 

Kata Berbuah dalam Karya

Sang Guru tidak ingin para murid-Nya mengikuti jejak ahli Taurat dan orang Farisi itu. Yesus sungguh-sungguh menekankan pentingnya keselarasan kata dan karya. Yesus mewajibkan para murid-Nya mengikuti jejak Sang Guru: kata mereka berbuah dalam tindakan.

Tidak mudah menyelaraskan tindakan dan omongan. Namun, itulah panggilan seorang Kristen. Kristen berarti pengikut Kristus. Artinya: kita harus melakukan apa yang Kristus lakukan. Salah satu hal yang perlu ditiru: membicarakan apa yang dilakukan; dan melakukan apa yang dibicarakan sebagaimana Yesus Kristus—Firman yang menjadi manusia!

Yesus begitu berwibawa di mata orang-orang sezamannya karena perbuatan-Nya merupakan perwujudan dari ucapan-Nya. Dan Ucapan-Nya merupakan rumus verbal dari apa yang telah dilakukan-Nya. Tidak lebih, tidak kurang. Dan Yesus orang Nazaret ingin para murid-Nya mengikuti jejak-Nya.

Apa lagi, kalau seseorang dipanggil menjadi seorang guru, orangtua, atau pemimpin. Pada ketiga jabatan tersebut, keteladanan merupakan harga mati. Saat orang-orang yang berjabatan guru, orang tua, dan pemimpin tidak melakukan apa yang mereka ajarkan, maka jabatan itu akan tinggal nama tanpa arti. Lebih gawat lagi, jabatan itu akan menjadi bahan olok-olok. Kalau sudah begini, apa gunanya jabatan-jabatan tersebut!

Namun, itu tak perlu membuat kita kecil hati! Jika sekarang kita memegang jabatan tersebut—entah sebagai guru, orang tua, maupun pemimpin—tak ada jalan lain kecuali menjadi teladan. Hanya dengan cara itulah kita akan mampu menjalani jabatan itu dengan sebaik-baiknya.

 

Orang Tua Juga Guru

Yesus memang guru. Dia adalah pribadi yang dapat digugu dan ditiru. Jika dalam diri Yesus para murid menyaksikan bahwa Sang Guru tak beda dengan orang-orang yang dikecam-Nya, maka ajaran-Nya hanya akan menyapa angina, dan akhirnya lalu bersama angin. Para murid akan lenyap satu per satu. Fakta bahwa para murid tetap menjadi murid-Nya membuktikan bahwa Yesus memang sosok guru kredibel.

Bicara soal keluarga, mau tak mau akan menyentuh hubungan anak dan orang tua. Banyak orang tua masa kini mengeluhkan keadaan anak-anak mereka: kurang hormat, kurang gigih, dan mau enaknya saja. Dan mereka sering menyalahkan zaman dalam hal ini.

Zaman memang berubah. Tetapi, satu yang tetap, orang tua juga guru bagi anak-anak mereka. Artinya, orang-orang yang dapat digugu dan ditiru. Menjadi teladan merupakan panggilan setiap orang tua.

 

Email: inspirasi@satuharapan.com

Editor : Yoel M Indrasmoro


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home