Loading...
EKONOMI
Penulis: Reporter Satuharapan 16:00 WIB | Selasa, 27 September 2016

Menkeu: Data Deklarasi Harta WP Sangat Berharga

Dashboard Amnesti Pajak per hari Selasa (27/9) pukul 15.50 WIB. (Foto: pajak.go.id/statistik-amnesti)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut data deklarasi harta wajib pajak di dalam negeri maupun di luar negeri pada program amnesti pajak sangat berharga untuk perekonomian Indonesia yang lebih baik.
    
"Hal yang paling berharga (dari amnesti pajak) adalah data berbagai macam deklarasi. Karena ini menggambarkan ekonomi yang selama ini tidak terekam sekarang terekam," kata Sri Mulyani di Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan, Jakarta Selatan, hari Selasa (27/9).
    
Menurut Sri Mulyani yang akrab disapa Ani tersebut, data deklarasi harta para wajib pajak yang hingga sata ini sudah melebihi Rp 2.000 triliun bagus untuk membuat perekonomian menjadi lebih formal serta menjadi pondasi yang lebih kuat untuk perekonomian Indonesia.
    
"Deklarasi sendiri merupakan suatu aset yang luar biasa besar, sumber informasi yang sangat baik. Aktivitas perekaman ekonomi jadi jauh lebih akurat," kata Sri Mulyani.
    
Dengan data deklarasi harta tersebut, lanjut dia, memberikan keuntungan pada para pelaku usaha itu sendiri dalam melakukan estimasi yang lebih baik serta melihat potensi-potensi ekonomi Indonesia.
    
Dari sisi pemerintah juga bisa lebih paham dalam membuat dan mengeluarkan kebijakan yang lebih akurat dengan melihat data harta kekayaan WNI lewat amnesti pajak.
    
Sri yang merupakan mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia menyebut momen program pengampunan pajak sebagai permulaan tradisi kepatuhan pajak.
    
"Saya menyambut gembira karena ini memulai tradisi kepatuhan pajak yang baik, yang saya yakin berguna bagi seluruh rakyat Indonesia, berguna bagi pembangunan indonesia, dan pada akhirnya berguna bagi jajaran pengusaha Indonesia untuk bisa melihat perekonomian dengan berbagai macam peluang," kata Sri Mulyani. (Ant)
 

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home