Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 12:39 WIB | Jumat, 01 Agustus 2014

Menkeu Norwegia akan Resmikan Olimpiade Catur 2014

Menkeu Norwegia akan Resmikan Olimpiade Catur 2014
Siv Jensen, Menteri Keuangan Norwegia. (Foto: wikipedia.org).
Menkeu Norwegia akan Resmikan Olimpiade Catur 2014
GM Judit Polgar asal Hungaria. (Foto-foto: chessdom.com).
Menkeu Norwegia akan Resmikan Olimpiade Catur 2014
GM Marie Sebag asal Prancis.
Menkeu Norwegia akan Resmikan Olimpiade Catur 2014
GM Viswanathan Anand asal India.

TROMSO, SATUHARAPAN.COM – Siv Jensen, Menteri Keuangan Norwegia akan meresmikan Olimpiade Catur ke-41 pada Jumat (1/8) malam WIB setempat di gedung Skarphallen, Tromso, Norwegia.   

Hal ini dikemukakan dalam laman resmi turnamen catur tersebut Chess 2014, yang mengagendakan pembukaan dijadwalkan pukul 19.30.  Borge Robertsen, salah satu ketua panitia Olimpiade Catur 2014 mengatakan bahwa Jensen merupakan wakil pemerintah.

“Kami telah siap dengan kehadiran ibu menteri, kehadiran beliau menandakan negara peduli dengan catur. Kami gembira dengan hal ini, dengan 174 negara yang akan berpartisipasi, olimpiade ini menjadi ajang catur terbesar di Norwegia,” kata Robertsen.

Robertsen menambahkan bahwa wakil dari pemerintah tidak hanya kementerian keuangan, tetapi juga Menteri Kebudayaan Norwegia, Thorhild Widvey, dan pada Sabtu (2/8) akan mengawali secara simbolis langkah pertama pada babak pertama olimpiade catur ini.  

Selain membuka secara resmi Olimpiade Catur, Siv Jensen juga akan  berpartisipasi dalam peluncuran prangko bergambar atlet catur Norwegia, Magnus Carlsen.

Peluncuran prangko dari Departemen Pos dan Telekomunikasi Norwegia tersebut menandai peringatan 100 tahun Federasi Catur Norwegia.

Selama kunjungannya ke Tromsø,  Menteri Keuangan mengatakan saat ini Magnus Carlsen termasuk salah satu pecatur yang berpengalaman dan baik di Olimpiade Catur.

Federasi Catur Dunia (FIDE) dalam laman resminya menyebut alasan Norwegia menjadi tuan rumah Olimpiade Catur ke-41 karena bersamaan dengan ulang tahun ke-200 dari Konstitusi Norwegia, sekaligus peringatan 100 tahun Federasi Catur Norwegia.

Olimpiade Catur akan berlangsung 11 babak, dan akan ada jeda pada Kamis (7/8). Pada kategori catur beregu terbuka akan diikuti 178 pecatur, sedangkan pada catur beregu tertutup, khusus putri akan diikuti 139 pecatur.

Para pecatur unggulan yang akan berpartisipasi antara lain GM Viswanathan Anand (India), GM Judit Polgar (Hungaria), GM Magnus Carlsen (Norwegia), GM Garry Kasparov (Rusia). Para pecatur Indonesia yang akan berpartisipasi pada olimpiade ini antara lain, Susanto Megaranto, Farid Firmansyah, Muhammad Luthfi Ali, Novendra Prihasmoro, Azarya Jodi Setyaki pada turnamen kategori terbuka, sementara pada pecatur putri ada Irene Kharisma Sukandar, Medina Warda Aulia, Ummi Fisabilillah, Chelsie Monica, dan Dewi Ardhiani Anastasia Citra. (fide.com/wikipedia.org/chess24.com)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home