Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 15:54 WIB | Kamis, 15 Desember 2016

Menkeu: RI Siap Hadapi Sentimen Kenaikan Suku Bunga AS

Ilustrasi. Kepala Federal Reserve Janet Yellen memberikan keterangan pers setelah rapat kebijakan lembaga itu di Washington, DC, 14 Desember 2016. The Fed pada Rabu mengumumkan kenaikan tingkat suku bunga acuan sebesar 0,25 persen. (AFP Photo/Saul Loeb)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Menteri Keuangan, Sri Mulyani, menyatakan fondasi ekonomi Indonesia cukup kuat untuk menghadapi sentimen negatif akibat kenaikan suku bunga acuan bank sentral AS, Federal Reserve (The Fed).

Sebagai negara berkembang dengan pasar domestik yang kuat dan pertumbuhan yang cukup tinggi, kata Menkeu, posisi Indonesia terbilang cukup istimewa dibandingkan negara-negara berkembang lainnya.

"Ini sudah memberikan suatu fondasi yang solid sehingga Indonesia bisa dibedakan dari negara-negara lain dalam arti positif," kata Sri Mulyani usai menjadi pembicara dalam "Indonesia Economic Outlook 2017" yang diselenggarakan Partai Golkar di Jakarta, hari Kamis (15/12).

Fondasi ekonomi juga didukung dengan langkah-langkah penyehatan fiskal seperti penerbitan surat utang negara sebesar 3,5 miliar dolar AS pada awal 2016 dengan yield yang jauh lebih baik dibandingkan tahun lalu.

Selain itu, Pemerintah memprediksi akan menutup APBN 2016 dengan defisit sekitar 2,5-2,7 persen, pertumbuhan sekitar 5 persen, peningkatan cadangan devisa serta neraca berjalan dan neraca modal yang terjaga.

Kualitas pertumbuhan ekonomi Indonesia yang ditunjukkan dengan kenaikan belanja infrastruktur, subsidi yang lebih tepat sasaran, kenaikan belanja untuk peningkatan kualitas SDM dan pengentasan kemiskinan, disebut Menkeu menumbuhkan harapan bagi para pelaku pasar bahwa tingkat permintaan dalam perekonomian Indonesia akan tetap tumbuh.

"Investasi Pemerintah tujuannya untuk menciptakan demand (permintaan) tetap terjaga, dengan demikian kita punya kredibilitas dan sentimen positif tetap bisa kita jaga," kata Menkeu.

Sebelumnya, The Fed memutuskan menaikkan suku bunga acuan sebesar 25 basis poin dari kisaran 0,25 persen menjadi 0,5 persen.

Peningkatan suku bunga tersebut didorong ekspansi ekonomi, penguatan pasar tenaga kerja, dan peningkatan inflasi.

Dengan menaikkan suku bunga acuan, The Fed memprediksi pertumbuhan ekonomi AS dapat tumbuh hingga 2,1 persen pada 2017, atau satu persentase poin lebih tinggi daripada pertumbuhan tahun ini sebesar 1,9 persen. (Ant)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home