Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 15:19 WIB | Rabu, 30 Juli 2014

Menpora Inggris: Commonwealth Picu Perempuan Berolahraga

Laura Trott, pebalap sepeda Inggris. (Foto: bbc.co.uk).

GLASGOW, SATUHARAPAN.COM – Dalam wawancara dengan BBC, Helen Grant, Menteri Pemuda dan Olahraga Inggris mengatakan pada Selasa (29/7) bahwa banyaknya atlet perempuan yang berpartisipasi dalam ajang multi olahraga negara-negara persemakmuran (Commonwealth Games 2014) akan meningkatkan jumlah atlet perempuan di negara itu.

“Laura Trott, Nicola Adams dan Ellie Simmonds adalah panutan yang bisa membuat perubahan itu terjadi,” kata Grant.

Laura Trott merupakan pebalap sepeda putri Inggris yang berhasil memenangkan medali emas pada Olimpiade London 2012, pada ajang Commonwealth Games 2014 dia memenangkan medali emas.

Nicola Adams adalah petinju putri Inggris yang juga pernah mempersembahkan emas bagi Inggris pada Olimpiade 2012.  Sementara Ellie Simmonds merupakan perenang kategori atlet paralimpiade.

Simmonds terkategori atlet renang paralimpiade karena dia mengidap Akondroplasia yakni gangguan tulang yang berdampak pada kelainan pertumbuhan. Akondroplasia termasuk dalam karakter kekerdilan di mana penderitanya akan mengalami hambatan dalam pertumbuhan sehingga memiliki tubuh yang pendek saat dewasa. Penyakit ini termasuk penyakit turunan. “Kami memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan, tapi kami melakukannya," lanjut Grant.

Setelah Olimpiade London 2012 data Kementerian Pemuda dan Olahraga Inggris menunjukkan 8,7 juta perempuan bermain olahraga atau mengambil bagian dalam berjalan rekreasi atau bersepeda selama 30 menit per minggu.

Grant yakin akan ada peningkatan jumlah sebanyak 500.000 olahragawan putri  seusai  multi ajang ini.   "Ada perdebatan tentang olahraga perempuan sekarang dan mereka menjadi bintang," lanjut Grant.

Pendapat berbeda diungkapkan Ruth Holdaway, chief executive dari Yayasan Kebugaran Wanita dan Olahraga  mengatakan di Inggris saat ini hanya delapan persen anak perempuan berusia 15 tahun cukup aktif dan banyak yang menunda bermain olahraga dengan pengalaman mereka di sekolah. (bbc.co.uk).

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home