Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 14:32 WIB | Selasa, 31 Mei 2016

Menristekdikti Tinjau Hari Pertama Pelaksanaan SBMPTN

Menristekdikti Mohamad Nasir, meninjau langsung pelaksanaan ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016 di kampus Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Selasa (31/5). (Foto: ristekdikti.go.id)

SEMARANG, SATUHARAPAN.COM - Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir, meninjau langsung pelaksanaan ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016 di kampus Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Selasa (31/5),

Tinjauan Menristekdikti adalah tempat ujian yang berada di Fakultas Kedokteran Undip, tempat ujian untuk eksakta. Nasir mengecek kesiapan panitia mulai dari dokumen-dokumen yang diperlukan, serta kesiapan sarana penunjang yaitu ruang ujian dan perangkat elektronik yang digunakan.

“Persiapan panitia sudah cukup baik, kesiapan tim di lapangan untuk mengatur peserta juga sudah bagus,” kata Nasir yang juga berasal dari Undip tersebut, seperti yang dikutip dari situs ristekdikti.go.id.

Nasir juga menyempatkan diri berbincang kepada para peserta sebelum masuk kedalam ruang ujian, bahkan ada yang sempat menangis. “Doakan Pak, supaya saya lulus,” kata salah satu peserta.

Nasir pun menenangkan, “Tenang saja. Jangan tegang. Yang penting tetap usaha dan berdoa jangan dilupakan, peralatan ujian jangan sampai lupa.”

Menristekdikti kemudian memberikan pesannya agar para peserta dapat melaksanakan ujian dengan tenang dan tidak usah terburu-buru dalam mengerjakan soal. Nasir juga berharap apa yang dicita-citakan para peserta dapat tercapai dengan baik.

Bagikan Soal Ujian di Unnes

Sementara itu, Menristekdikti Mohamad Nasir berkesempatan meninjau ujian bidang sosiohumaniora Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016 di kampus Universitas Negeri Semarang (Unnes), Fakultas Bahasa dan Sastra, Selasa (31/5).

Berbeda saat meninjau di Undip, Nasir membagikan soal ujian langsung ke para peserta ujian di Unnes. “Saya kan dosen, ini sudah jadi tugas saya juga membagikan soal,” kata Nasir yang disambut senyum dan tawa oleh para peserta.

“Saya ucapkan semoga sukses ujiannya, semoga masuk semua,” kata Nasir yang diaminkan oleh para peserta ujian.

Menteri Nasir juga menyempatkan diri memberikan pembekalan Mahasiswa Baru Unnes Jalur SN-Mandiri dan SNMPTN 2016. “Anda adalah mahasiswa-mahasiswi terpilih yang dimiliki Unnes, maka jaga selalu prestasi akademik, jadilah manusia di masa depan nanti berguna bagi negeri ini,” kata Nasir di sekitar 300 peserta.

“Kami jaga betul keamanan ini agar tidak ada kebocoran soal,” katanya. Nasir menjelaskan bahwa sampai saat ini belum ada laporan kebocoran soal, artinya standar soal saat ini sudah dapat dikatakan aman.

Selain itu Menteri Nasir juga berpesan bahwa bila ada perjokian dalam seleksi ini, maka harus dilaporkan. “Laporkan segera kepada kami, itu bisa kita tuntut pidana, supaya ada efek jera,” kata Nasir.

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home