Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 15:55 WIB | Selasa, 06 Oktober 2015

Mentan Australia Kunjungi Jakarta Pastikan Pasokan Sapi Aman

Menteri Pertanian Australia, Barnaby Joyce. (Foto: Facebook/Barnaby Joyce)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Menteri Pertanian Australia, Barnaby Joyce, mengunjungi Jakarta, pada hari Selasa (6/10), untuk memastikan pasokan sapi Australia aman dengan harga terjangkau.

Dalam kunjungannya, Menteri Joyce mendorong pemerintah Indonesia untuk memberlakukan sistem kuota tahunan dalam impor sapi. Tujuan kunjungan ini, kata Menteri Joyce, guna memberi jaminan kepada pihak Indonesia mengenai ketersediaan pasokan sapi Australia.

"Selain itu juga menjamin keterjangkauan harga daging sapi di pasaran di Jakarta sehingga masyarakat Indonesia senang dengan harga yang terjangkau bagi kebutuhan protein mereka," kata Joyce sebagaimana dikutip Australia Plus, hari Selasa (6/10).

Menteri Joyce akan melanjutkan upaya yang telah dilakukan Menteri Perdagangan, Andrew Robb, yang sebelumnya juga datang ke Jakarta melobi perlunya sistem kuota tahunan dalam impor sapi.

Selama ini Pemerintah Indonesia melanjutkan tradisi pemerintahan sebelumnya yang memberlakukan sistem kuota tiap tiga bulan (kuartal) dalam impor sapi. Akibatnya, harga daging sapi terkadang melonjak tajam di saat-saat tertentu, dengan para spekulan berdalih kurangnya ketersediaan pasokan.

Sebagai contoh, ketika Pemerintah Indonesia mengurangi kuota impor sapi Australia menjadi 50 ribu ekor saja untuk Kuartal III Juli-September 2015 lalu, harga daging di pasaran langsung naik.

Kini, harga kiloan daging sapi diperkirakan lebih stabil setelah pada Kuartal IV, Oktober-Desember 2015, Indonesia menetapkan kuota impor sapi sebesar 200 ribu ekor.

Pemerintah Indonesia menyatakan tetap melihat kemungkinan impor sapi dari negara-negara lain di luar Australia, namun isu mengenai kesehatan ternak menjadi kendala utama.

Sebaliknya, Pemerintah Australia juga menyatakan ingin terus mengembangkan negara tujuan ekspor sapinya selain Indonesia.

"Tentu saja saya ingin agar pasar ternak sapi Australia bertambah. Tapi Indonesia merupakan pasar paling penting bagi kami, makanya wajib bagi saya untuk datang langsung dan mencari tahu apa yang bisa saya lakukan guna meningkatkan perdagangan kita," kata Menteri Joyce.

Hari Selasa, Menteri Joyce dijadwalkan mengunjungi rumah potong hewan (RPH) di Bogor. Selain itu, dia juga dijadwalkan bertemu dengan menteri terkait di Jakarta. Dalam kunjungan ini, Mentan Joyce juga akan membahas mengenai ekspor gandum Australia ke Indonesia.

Barnaby Joyce merupakan menteri ketiga dari Australia yang berkunjung ke Indonesia dalam dua bulan terakhir. Hal ini menunjukkan semakin membaiknya hubungan kedua negara terutama di sektor perdagangan.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home