Loading...
DUNIA
Penulis: Eben E. Siadari 08:44 WIB | Selasa, 26 Juli 2016

Menteri Israel Batal Hadiri Olimpiade, Hormati Hari Sabat

Menteri Kebudayaan dan Olah Raga Israel, Miri Regev (Foto: Hillel Maeir/TPS)

TEL AVIV, SATUHARAPAN.COM - Menteri Kebudayaan dan Olah Raga Israel, Miri Regev, mengumumkan bahwa dia tidak akan menghadiri acara pembukaan Olimpiade di Rio de Janeiro, yang akan diselenggarakan pada  Jumat 5 Agustus.

Alasannya adalah karena ia tidak ingin melanggar hari Sabat, yaitu hari yang dikuduskan bagi umat Yahudi. Hari Sabat dalam kepercayaan Yahudi dimulai dari sebelum mata hari terbenam pada hari Jumat hingga malam pada hari Sabtu.

"Miri Regev akan melanggar hari Sabat sebagai perwakilan dari Negara Israel," kata juru bicaranya, seperti diberitakan oleh Tazpit Press Service..

"Beliau sendiri tidak merayakan hari Sabat, tetapi karena dia mewakili rakyat Israel, dia tidak ingin mengganggu rakyat yang menjalankan agamanya dengan melanggar hari Sabat," kata dia.

Upacara pembukaan Olimpiade tersebut sebetulnya tidak dilaksanakan pada hari Sabtu, yang merupakan hari Sabat. Pembukaan Olimpiade Rio dilaksanakan hari Jumat. Namun, karena diperkirakan baru akan selesai pada malam hari, sedangkan karena jarak antara hotel tempat Regev menginap dengan tempat upacara kira-kira satu jam perjalanan, dikhawatirkan ia tidak bisa kembali ke hotelnya tanpa melanggar hari Sabat.

Sebagai catatan,  Sabat dalam Yudaisme adalah hari istirahat. Hari Sabat dirayakan dari saat sebelum matahari terbenam pada hari Jumat hingga tibanya malam pada hari Sabtu.

Hukum Yahudi melarang penganutnya melakukan segala bentuk melachah (kerja) pada hari Sabat.

Melachah tidak sama artinya dengan definisi "kerja" dalam bahasa lain. Artinya pun tidak sama dengan definisi istilahnya sebagaimana dipergunakan dalam fisika.

Menurut Wikipedia, kaata ini mengacu kepada 39 kategori aktivitas yang dilarang oleh Talmud dilakukan oleh orang Yahudi pada hari Sabat, yaitu Menabur; Membajak; Menuai; Mengikat berkas gandum; Membuang sampah; Menampi; Memilih;Mengasah; Memilah; Membuat adonan; Membuat roti; Menggunting wol; Mencuci wol; Memukuli wol; Mewarnai wol; Memintal; Menenun; Membuat dua simpul; Menenun dua lembar benang; Memisahkan dua lembar benang; Mengikat; Melepaskan ikatan; Menjahit robekan; Merobek; Menjerat; Memotong hewan; Terbang; Mewarnai kulit binatang; Menyapu untuk mencari barang yang hilang; Menandai kulit binatang; Memotong kulit hingga menjadi bentuk tertentu; Menulis dua atau lebih huruf; Menghapus dua atau lebih huruf; Membangun; Meruntuhkan bangunan; Mematikan api; Menyalakan api; Memberikan sentuhan terakhir pada sebuah benda; Memindahkan benda dari tempat pribadi ke tempat umum, atau sejauh 4 hasta dalam batas tempat umum.

Menurut juru bicara menteri Israel itu, mereka telah berusaha agar bisa menginap di hotel yang dekat dengan tempat pembukaan Olimpiade.  "Kami telah mengimbau kepada Komite Olimpiade Israel untuk menemukan sebuah hotel yang dengan tempat  upacara yang akan memungkinkan Menteri Regev untuk menghadiri tanpa melanggar hari Sabat, tetapi upaya kami tidak berhasil karena alasan keamanan," lanjut juru bicara itu.

Dalam sebuah pernyataan, Regev mengatakan bahwa hari Sabat adalah hari istirahat nasional, salah satu anugerah terpenting bagi rakyat Yahudi.

"Sebagai wakil dari Negara Israel, satu-satunya negara Yahudi di planet ini, saya menyayangkan tidak dapat mengambil bagian pada upacara pembukaan Olimpiade karena itu akan mengharuskan saya melanggar hari Sabat yang kudus," kata dia.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home