Google+
Loading...
DUNIA
Penulis: Dewasasri M Wardani 14:40 WIB | Senin, 08 April 2019

Menteri Keamanan Dalam Negeri AS, Nielsen Mengundurkan Diri

Menteri Keamanan Dalam Negeri Kirstjen Nielsen saat berbicara di hadapam Komite Peradilan DPR di Capitol Hill, Washington, 20 Desember 2018. (Foto: Voaindonesia.com/AP)

AMERIKA SERIKAT, SATUHARAPAN.COM – Menteri Keamanan Dalam Negeri (DHS) Amerika Kirstjen Nielsen, mengundurkan diri setelah 16 bulan menjabat.

Dalam surat pengunduran diri kepada Presiden Donald Trump, Nielsen menulis, "Walaupun mencapai kemajuan dalam mereformasi keamanan dalam negeri, saya memutuskan, ini adalah waktu yang tepat bagi saya untuk mengundurkan diri."

Dalam cuitan pada Minggu (7/4), Trump mengatakan, Nielsen akan meninggalkan jabatannya dan saya ingin mengucapkan terima kasih atas pengabdiannya."

Tanpa merinci alasan Nielsen mundur, Trump mengaku frustrasi atas situasi di perbatasan Amerika dengan Meksiko. Sumber-sumber Gedung Putih mengatakan, Trump sering mengecam Nielsen karena ia tampaknya tidak cukup tegas dalam mengekang arus migran yang mencoba memasuki Amerika.

Selain tekanan dari Gedung Putih yang hendak menghentikan arus migran, Nielsen menghadapi protes publik atas kebijakan pemerintah yang sangat tidak populer dalam memisahkan keluarga migran yang memasuki Amerika.

Ribuan anak diambil dari orangtua mereka dan ditahan di fasilitas berbeda, seringkali dalam kondisi yang kurang ideal.

Menurut analis, Nielsen sendiri frustrasi dengan apa yang ia nilai sebagai kurangnya kerja sama dari Kongres,  dan pengadilan dalam menangani imigrasi ilegal.

Trump mengumumkan, Komisaris Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan Kevin McAleenan akan menjabat menteri DHS. (Voaindonesia.com)

 

Editor : Melki Pangaribuan

Back to Home