Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 01:47 WIB | Kamis, 19 September 2019

Menteri Pertahanan Menyangkal Keterlibatan Iran dalam Serangan Saudi

Menteri Pertahanan Iran Brigadir Jenderal Amir Hatami. (Foto: irna.ir)

TEHERAN, SATUHARAPAN.COM - Menteri Pertahanan Iran membantah tuduhan Amerika Serikat tentang keterlibatan Teheran dalam serangan baru-baru ini terhadap fasilitas minyak Arab Saudi.

“Tuduhan ini sepenuhnya, serius, dan tegas ditolak. Mudah menuduh seseorang tanpa memberikan bukti apa pun. Tidak ada nilainya, "Menteri Pertahanan Iran Brigadir Jenderal Amir Hatami mengatakan kepada media pada hari Rabu (18/9).

Amir Hatami mengatakan bahwa Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dengan cepat menuduh Iran berada di balik serangan itu, tanpa memberikan bukti apa pun.

"Jika AS mengklaim demikian, maka bertanggung jawab atas klaim itu. Semua orang tahu bahwa Iran bertekad melindungi perdamaian regional,” tambahnya.

Serangan sebelum fajar pada hari Sabtu (14/9) menurunkan lebih dari setengah produksi minyak mentah dari eksportir utama dunia -lima persen dari pasokan minyak global- dan memangkas produksi sebesar 5,7 juta barel per hari.

Menteri Iran tersebut menekankan bahwa serangan itu datang dari Yaman dan Houthi telah mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu.

“Itu adalah sesuatu yang terjadi antara dua negara yang bertikai. Rakyat Yaman sendiri dengan jelas menyatakan bahwa mereka meluncurkan serangan. Logikanya juga jelas. Negara yang menderita karena perang. Populasinya menderita akibat serangan dan pengepungan,” kata Hatami.

Warga Yaman Houthi, yang telah dikunci dalam perang dengan koalisi yang dipimpin Arab Saudi-UEA sejak 2015, mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu, memperingatkan Arab Saudi bahwa target mereka "akan terus berkembang."

Amir Hatami mengingatkan dunia akan serangan jarak jauh sebelumnya dari Yaman, dengan mengatakan bahwa Houthi mungkin telah meningkatkan kemampuan mereka.

"Secara militer, Yaman meluncurkan serangan sekitar dua tahun lalu ketika mereka menembakkan rudal sejauh 1.200 km. Fakta bahwa setelah dua tahun mereka mencapai ketepatan ini sangat jelas dan logis juga. Jelas itu karena perang antara kedua negara," tegasnya.

Menteri pertahanan Iran mengatakan situasi saat ini adalah apa yang Arab Saudi dan "rezim Zionis" telah rencanakan untuk "menyeret AS ke dalam konflik di wilayah tersebut. Mereka berharap untuk ini."

Arab Saudi bersumpah "menghadapi dan menangani agresi teroris ini," sementara Presiden AS Donald Trump mengisyaratkan kemungkinan tindakan militer setelah Riyadh menyelesaikan penyelidikan atas serangan tersebut.

Iran telah memperingatkan "respons tegas" jika negara itu terancam. "Jika negara kita terancam dengan cara apa pun, kami akan merespons dengan tegas seperti Anda melihat apa yang terjadi dengan pesawat tak berawak AS yang melanggar wilayah udara Iran," Hatami memperingatkan.

Angkatan bersenjata Iran menembak jatuh pesawat mata-mata AS setelah melanggar wilayah udara negara itu pada Juni lalu. (irna.ir)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home