Google+
Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 18:24 WIB | Rabu, 05 Juni 2013

Merayakan Keindahan Segitiga Terumbu Karang di Asia Pasifik

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Lebih dari 50 acara yang diselenggarakan di hampir 100 tempat di enam negara, seperti Indonesia, Malaysia, Papua Nugini, Filipina, Kepulauan Solomon dan Timor Leste, akan menyemarakkan Hari Segitiga Terumbu Karang yang jatuh pada 9 Juni 2013. Perayaan ini memiliki tujuan untuk menyadarkan masyarakat akan arti penting laut dan sumber daya kelautan.

Demikian informasi yang didapat dari siaran pers Sekretariat Regional Interim Inisiatif Segitiga Terumbu Karang untuk Terumbu Karang, Perikanan, dan Ketahanan Pangan (Coral Triangle Initiative on Coral Reefs, Fisheries and Food Security, CTI-CFF) pada hari Rabu siang ini (5/6).

Hari segitiga terumbu dirayakan dua tahun terakhir secara berturut-turut. Hari ini menjadi hari khusus untuk merayakan keindahan dan keunikan kawasan segitiga terumbu karang dan memperkuat pemahaman akan arti penting laut. Diperkirakan 10 ribu orang yang tinggal di lintas negara di kawasan segitiga terumbu karang akan terlibat dalam perayaan hari tersebut.

Di Indonesia, pelbagai rangkaian kegiatan dirayakan untuk memeriahkan Hari Segitiga Terumbu Karang. Antara lain rehabilitasi terumbu karang, pelepasan penyu yang baru menetas, penanaman bibit bakau di Minahasa Sulawesi Utara pada 7 Juni 2013 bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi Sulawesi Utara dan Universitas Sam Ratulangi. Pameran fotografi sebulan di Mal Kuta Bali pada 8 Juni 2013 bekerjasama dengan Body Shop Indonesia dan Marine Foundation.

Pemutaran perdana dan pentas boneka diselenggarakan di Pantai Bintaro Ampenan Lombok Nusa Tenggara Barat pada 8 Juni 2013. Kegiatan bersih-bersih pantai bersama Menteri Kelautan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo dan Ketua Sekretariat Regional Interim CTI-CFF Sudirman Saad pada 9 Juni 2013 di Pantai Bintaro Ampenan Lombok Nusa Tenggara Barat bekerjasama dengan Yayasan Penyu Laut Indonesia dan WWF. Open house Coral Triangle Center yang diisi dengan pendidikan lingkungan bahari partisipatif bagi anak-anak usia sekolah 9-15 tahun di Sanur Bali pada 9 Juni 2013.

Rangkaian acara coral triangle day di Indonesia tahun ini akan dipusatkan di Lombok, Nusa Tenggara Barat, dengan kehadiran Menteri Kelautan dan Perikanan.

Editor : Sabar Subekti

Pesan Paskah PGI 2014
Mengapa Ia berkorban bagi saya?

Mengapa Ia berkorban bagi saya?

SATUHARAPAN.COM – Umat  Kristiani seluruh dunia, hari Minggu kemarin memperingati peristi...

Waktu

Waktu

Waktu disuruh memilih antara Dia dan Barabas Si Pemberontak dan pembunuh itu orang-orang berteriak...

Paskah: Kisah Kemerdekaan

Paskah: Kisah Kemerdekaan

SATUHARAPAN.COM – ”Sesungguhnya Tuhan telah bangkit dan telah menampakkan diri kepada Si...

Kasih Agung pada Jumat Agung

Kasih Agung pada Jumat Agung

SATUHARAPAN.COM – Sayalah pendosa itu. Sayalah itu, yang demi keuntungan telah mencemari bait ...