Loading...
DUNIA
Penulis: Dedy Istanto 14:23 WIB | Kamis, 24 November 2016

Merkel Kecewa, Trump akan Batalkan Perdagangan Pasifik-Asia

Merkel Kecewa, Trump akan Batalkan Perdagangan Pasifik-Asia
Kanselir Jerman Angela Merkel berpidato saat sidang di Bundestag (majelis rendah parlemen Jerman), 23 November 2016. Merkel membahas masalah dalam negeri dan luar negeri dalam rapat pembahasan anggaran. TOBIAS SCHWARZ/AFP
Merkel Kecewa, Trump akan Batalkan Perdagangan Pasifik-Asia
Kanselir Jerman Angela Merkel menghadiri rapat pemimpin Partai Demokrat Kristen (CDU) di markas CDU di Berlin 21 November 2016. Kanselir Jerman tersebut mengatakan kepada partainya pada 20 November bahwa dia akan kembali mencalonkan diri untuk masa jabatan keempatnya untuk mempertahankan prinsip demokratis di tengah merajalelanya ancaman di dalam dan luar negeri. AFP PHOTO/John Macdougall
Merkel Kecewa, Trump akan Batalkan Perdagangan Pasifik-Asia
Menteri Luar Negeri Jerman Frank-Walter Steinmeier dan Menteri Luar Negeri Irak Ibrahim al-Jaafari menghadiri konferensi pers di Berlin pada 21 November 2016. John Macdougall/AFP

BERLIN, SATUHARAPAN.COM - Kanselir Jerman Angela Merkel mengkritik rencana presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang berniat membatalkan kesepakatan perdagangan Trans-Pasifik, Rabu (23/11), dan memperingatkan bahwa perjanjian di masa depan mungkin akan lebih sulit.

Dengan rencana kesepakatan AS-Uni Eropa yang disebut Kemitraan Perdagangan dan Investasi Trans-Atlantik (Transatlantic Trade and Investment Partnership/TTIP) juga tampaknya akan gagal, Merkel memprediksi bahwa di masa depan “akan ada lebih banyak perjanjian perdagangan, dan itu tidak akan memiliki standar seperti perjanjian ini dan TTIP.”

“Saya katakan kepada Anda sejujurnya, saya kecewa bahwa kesepakatan Trans-Pasifik kemungkinan tidak akan terwujud,” kata Merkel.

“Saya tidak tahu siapa yang akan diuntungkan dari itu, dan hari ini saya tidak akan membuat prediksi apa pun.”

Di masa lalu, Merkel berpendapat, transaksi perdagangan hanyalah menyangkut soal pemotongan bea, tapi tidak mengatasi isu-isu global seperti standar lingkungan, metode produksi yang berkelanjutan, dan mencegah tenaga kerja anak.

“Berhubung kami mendengar kritikan ini, sekarang ada kesepakatan dagang yang memiliki kualitas yang benar-benar baru, dan CETA adalah yang pertama yang memiliki kualitas baru tersebut,” kata Merkel, merujuk kepada kesepakatan Uni Eropa-Kanada yang ditandatangani bulan lalu.

“Dan perjanjian perdagangan bebas dengan Amerika Serikat kemungkinan hanya akan terwujud jika memiliki standar kualitas yang sama,” kata kanselir tersebut kepada parlemen Jerman. Dia tidak menyebutkan nama Trump, yang berjanji dia tidak akan meratifikasi TPP.

TTP sebelumnya dinegosiasikan dengan susah payah di bawah Presiden Barack Obama dengan 11 negara Pasifik lain dan ditandatangani pada Februari lalu. (AFP)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home