Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 08:33 WIB | Kamis, 10 Oktober 2019

Mesir Kecam Turki, Ajak Liga Arab Pertemuan Darurat

Serangan Turki ke Suriah utara dari operasi militer yang disebutkan sebagai "Operasi Musim Semi Perdamaian." (Foto dri Daily Sabah)

KAIRO, SATUHARAPAN.COM – Mesir mengutuk keras serangan Turki di wilayah Suriah, dan menyerukan pertemuan darurat Liga Arab untuk membahas perkembangan di negara yang dilanda perang.

Dalam sebuah pernyataan resmi, kementerian luar negeri Mesir menggambarkan langkah Turki sebagai "serangan terang-terangan dan tidak dapat diterima" terhadap kedaulatan sebuah negara Arab.

"Ini adalah eksploitasi keadaan dan perkembangan yang sedang berlangsung di negara ini, dan bertentangan dengan norma-norma hukum internasional," katanya, seperti dikutip media Mesir, Al Ahram.

Pada hari Rabu, Turki melancarkan operasi militer terhadap pejuang Kurdi di timur laut Suriah, dengan serangan udara yang menghantam kota perbatasan Ras Al-Ain.

Langkah itu, yang menurut dunia dapat memperburuk kekacauan regional, namun dibenarkan oleh Ankara sebagai langkah untuk menciptakan "zona aman" untuk mengembalikan jutaan pengungsi ke tanah Suriah.

Pernyataan kementerian luar negeri Mesir menekankan pada tanggung jawab komunitas internasional, yang diwakili melalui Dewan Keamanan PBB, untuk memerangi tindakan yang sangat berbahaya yang dapat mengancam perdamaian dan keamanan internasional.

"Kami menyerukan penangguhan upaya apa pun yang bertujuan untuk menduduki tanah Suriah atau membawa rekayasa demografis di Suriah utara," tambah kementerian itu.

Pernyataan itu memperingatkan ancaman yang terjadi akibat langkah Turki bagi kesatuan Suriah dan integritas teritorial, dan upaya perdamaian melalui jalur politik di Suriah di bawah Resolusi Dewan Keamanan PBB 2254.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home