Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 15:55 WIB | Jumat, 09 Oktober 2015

Mesir Larang Perempuan Kenakan Niqab Saat Memilih

Perempuan Mesir mengenakan Niqab. (Foto: dailynewsegypt.com)

KAIRO, SATUHARAPAN.COM – Komisi Tinggi Pemilihan Umum (SEC) Mesir akan melarang perempuan mengenakan Niqab (penutup wajah) saat yang bersangkutan menggunakan suara dalam pemilihan parlemen, demikian diberitakan media pemerintah, Al-Ahram, hari Kamis (8/10).

Menurut juru bicara resmi SEC, akan dilakukan pemeriksaan secara ketat identitas pemilih di tempat pemungutan suara pada pemilihan parlemen mendatang, dan wajah perempuan harus diperlihatkan untuk pemeriksaan atau mereka yang menolak akan dilarang menggunakan hak memilih.

Sementara itu, sejumlah calon perempuan yang maju sebagai kandidat anggorta parlemen yang  mengenakan Niqab, terutama anggota partai Salafi, Al-Nour, tengah  menghadapi kritik  secara luas di media massa. Anggota laki-laki partai itu mengatakan bahwa  perempuan  yang menjadi calon dari partai itu tidak akan "muncul di media".

Sementara itu, Administrasi Universitas Kairo, pada bulan lalu, juga melarang mahasiswa dan anggota fakultas mengenakan Niqab selama kuliah.

Presiden Universitas Kairo, Gaber Nassar, seperi dikutip situs dailynewsegypt.com mengatakan bahwa keputusan itubertujuan untuk meningkatkan tingkat komunikasi antara mahasiswa dan instruktur mereka, dan untuk meningkatkan proses pendidikan di universitas.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home