Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 21:41 WIB | Jumat, 20 Desember 2019

Mesir Pamerkan Patung Raksasa Raja Horus yang Baru Ditemukan

Misi arkeologis Mesir-Jerman menemukan sebuah patung besar Raja Horus dari zaman Mesir kuno di tepi barat Provinsi Luxor, menurut Kementerian Kepurbakalaan Mesir pada 19 Desember 2019. (Foto: Xinhua/Kementerian Kepurbakalaan Mesir)

KAIRO, SATUHARAPAN.COM - Misi arkeologis Mesir-Jerman menemukan sebuah patung besar Raja Horus dari zaman Mesir kuno di tepi barat Provinsi Luxor, demikian disampaikan Kementerian Kepurbakalaan Mesir dalam sebuah pernyataan pada Kamis (19/12).

"Misi tersebut menemukan bagian besar patung itu dalam penggalian di Kuil Jutaan Tahun Amenhotep III (Temple of Millions of Years of Amenhotep III) di situs Kom El-Hitan," tutur Fathi Yassin, Direktur Jenderal Kepurbakalaan Tepi Barat di Luxor.

Patung sepanjang 1,85 meter itu terbuat dari granit hitam, menampilkan sosok Raja Horus yang berdiri dalam bentuk elang tanpa kaki dengan lengan yang patah, papar Yassin.

Patung yang baru ditemukan itu berada dalam kondisi baik, imbuh Sourouzian, kepala misi arkeologis tersebut.

"Benda itu memiliki nilai artistik, ilmiah, dan arkeologis yang luar biasa, yang akan berkontribusi untuk menunjukkan gambaran lengkap mengenai Kuil Raja Amenhotep III setelah hancur akibat gempa bumi pada abad ke-28 SM," tambahnya.

Mesir telah mencatatkan sejumlah penemuan arkeologis besar tahun ini di berbagai wilayah negara itu, termasuk makam Firaun, patung, peti mati, dan mumi. (Xinhua)

 

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home