Google+
Loading...
MEDIA
Penulis: Reporter Satuharapan 18:46 WIB | Rabu, 09 Mei 2018

Mesir Tahan Blogger Penyebar Hoax

Ilustrasi. (Foto: New Straits Times)

KAIRO, SATUHARAPAN.COM – Seorang blogger Mesir yang dikenal dengan videonya di YouTube dan Facebook ditahan atas sejumlah tuduhan termasuk menyebarkan informasi palsu, kata keluarga dan pengacaranya.

“Shadi Abuzeid sudah ditahan selama 15 hari di bawah tuntutan bergabung dengan kelompok terlarang dan menyebarkan informasi palsu,” kata kakaknya Roula di Facebook.

Pengacara Abuzeid, Azza Sleiman, mengonfimasi hal-hal tersebut kepada AFP. Sejak ditangkap di rumahnya Minggu pagi, Abuzeid ditahan jaksa penuntut keamanan di Kairo.

Sejumlah video yang disiarkan saluran “Rich content” miliknya di YouTube dan pada laman Facebook miliknya sudah ditonton puluhan ribu kali.

Pada 2016 Abuzeid membuat rekaman video yang di dalamnya dia menawarkan balon dari kondom kepada petugas polisi di Tahrir Square Kairo yang menjadi titik utama protes menjelang penggulingan Hosni Mubarak.

Video itu direkam di tengah Mesir sedang memperingati revolusi Mesir 2011.

Abuzeid juga telah menjadi bagian dari program satir Abla Fahita, yang baru-baru ini ditangguhkan pihak berwenang.

Penahanannya mengikuti penangkapan Sherif Gaber. Bloger ini ditahan pada 2013 dan dituduh mempromosikan ateisme.

Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi telah dituduh menghancurkan perbedaan pendapat melalui penangkapan aktivis politik dan hak asasi manusia, demikian AFP. (Antara)

 

 

Editor : Melki Pangaribuan

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home