Loading...
DUNIA
Penulis: Saut Martua Amperamen 23:07 WIB | Jumat, 26 Mei 2017

Militan Bunuh 28 Kristen Koptik Mesir Saat Menuju Biara

Televisi Mesir menayangkan bangkai bus yang ditembaki oleh militan berseragam militer, menewaskan 28 orang Kristen Koptik, (Foto: (Tv Grab/AFP/Getty Images)

KAIRO, SATUHARAPAN.COM - Sekitar 10 orang militan berseragam ala militer menembaki sebuah bus yang membawa umat Kristen Koptik di Mesir tengah pada hari Jumat (26/05) membunuh sedikitnya 28 orang dan melukai 25 orang.

Belum ada pernyataan bertanggung jawab dari pihak mana pun atas kejadian ini. Namun kelompok ekstremis Negara Islam Irak dan Suriah atau ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan terhadap Kristen Koptik sebelumnya.

Umat Kristen Koptik merupakan minoritas di Mesir, sekitar 10 persen dari populasi.

Gubernur Minya, Mayor Jenderal Essam el-Bedewey, mengatakan setidaknya 28 orang meninggal dan 25 orang terluka ketika para pelaku menembaki bus yang menuju Biara Samuel, salah satu dari sejumlah tempat ziarah dai daerah dimana jumlah penduduk Kristen Koptik cukup banyak.

Reuters melaporkan anak-anak merupakan sebagian dari yang terbunuh.

Pihak kepolisian mengatakan sekitar 10 orang mengenakan seragam ala militer melakukan serangan.

Bulan lalu, bom kembar telah menghantam gereja di Alexandria, menyebabkan 44 meninggal dan mendorong Presiden Mesir, Abdel Fatah al-Sissi mengumumkan keadaan darurat.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home