Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 16:47 WIB | Senin, 11 Desember 2017

Militer Hancurkan Terowongan dari Gaza ke Wilayah Israel

Ilustrasi. Wilayah Tepi Barat dipenuhi permukiman Yahudi yang dibangun Israel dengan mengabaikan seruan internasional untuk menghentikan kegiatan itu karena mengganggu penyelesaian konflik Israel-Palestina. (Foto: Dok satuharapan.com/AFP)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM - Militer Israel menyatakan telah meruntuhkan sebuah terowongan yang membentang dari Gaza ke wilayahnya dalam sebuah operasi di tengah meningkatnya ketegangan akibat deklarasi keputusan Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Juru bicara militer Jonathan Conricus, pada hari Minggu (10/12) mengatakan intelijen menunjukkan terowongan itu milik gerakan Islam Hamas, yang menguasai Jalur Gaza. Israel tidak mengetahui adanya korban jiwa, katanya.

Operasi penghancuran itu adalah yang kedua dalam beberapa pekan terakhir.

Terowongan semacam itu pada masa lalu digunakan untuk melancarkan serangan. Terowongan yang dihancurkan pada Minggu ditemukan beberapa pekan lalu dan sudah dimonitor militer, kata Conricus sebagaimana dikutip AFP.

Menurut Conricus, terowongan itu membentang ratusan kilometer dari wilayah Kota Khan Yunis di Jalur Gaza selatan hingga wilayah Israel.

Dia menolak untuk menentukan lokasi terowongan itu di wilayah Israel dan titik keluar terowongan tersebut masih belum dibuat.

"Kami melihat ini sebagai pelanggaran berat terhadap kedaulatan Israel," kata Conricus kepada wartawan, menambahkan bahwa Israel tidak berusaha memicu eskalasi ketegangan.

Dia juga menekankan bahwa terowongan tersebut sudah dikerjakan beberapa lama dan tidak terkait dengan bentrokan serta aksi protes baru-baru ini terkait pengakuan Yerusalem sebagai ibu kota Israel oleh Trump. (Antara)

 

 

Editor : Melki Pangaribuan


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home