Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 16:16 WIB | Jumat, 12 Februari 2021

Militer Myanmar Ajak Rakyat Bekerja Sama Bangun Demokrasi

Seruan ini tampaknya diabaikan dan dicemooh oleh massa yang memprotes kudeta dan menuntut pembebasan Suu Kyi.
Militer Myanmar Ajak Rakyat Bekerja Sama Bangun Demokrasi
Kepala Angkatan Darat Myanmar, Min Aung Hlaing, memberi hormat selama upacara Hari Pahlawan di Yangon pada 19 Juli 2020. (Foto: dok. Reuters.)
Militer Myanmar Ajak Rakyat Bekerja Sama Bangun Demokrasi
Polisi menembakkan meriam air ke pengunjuk rasa yang menentang kudeta militer dan menuntut pembebasan pemimpin terpilih Aung San Suu Kyi, di Naypyitaw, Myanmar (Selasa (9/2/2021). (Foto: Reuters)
Militer Myanmar Ajak Rakyat Bekerja Sama Bangun Demokrasi
Foto yang diambil pada 10 Desember 2019 menunjukkan orang-orang berpartisipasi dalam rapat umum untuk mendukung Penasihat Negara Myanmar, Aung San Suu Kyi. (Foto: dok. AFP)

NAYPYITAW, SATUHARAPAN.COM-Pemimpin kudeta Myanmar menggunakan hari libur Union Day pada hari Jumat (12/2) untuk menyerukan kepada orang-orang agar bekerja dengan militer jika mereka menginginkan demokrasi, permintaan yang kemungkinan akan disambut dengan cemoohan oleh pengunjuk rasa yang mendorong pembebasan bagi para pemimpin terpilih negara mereka yang ditahan.

“Saya dengan serius akan mendesak seluruh bangsa untuk bergandengan tangan dengan Tatmadaw untuk keberhasilan realisasi demokrasi,” kata Jenderal Senior Min Aung Hlaing menggunakan istilah lokal untuk militer. “Pelajaran sejarah telah mengajarkan kita bahwa hanya persatuan nasional yang dapat memastikan non disintegrasi, persatuan dan pelestarian kedaulatan,” tambahnya.

Selain pesan komandan militer yang diterbitkan hari Jumat di surat kabar Global New Light of Myanmar, junta baru juga mengumumkan akan menandai Hari Persatuan dengan membebaskan ribuan tahanan dan mengurangi hukuman narapidana lainnya.

Kudeta 1 Februari Min Aung Hlaing menggulingkan pemerintah sipil pemenang Nobel Perdamaian, Aung San Suu Kyi, dan mencegah anggota parlemen yang baru terpilih untuk membuka sidang parlemen. Ini membalik hampir satu dekade kemajuan menuju demokrasi setelah 50 tahun pemerintahan militer dan telah menyebabkan protes yang meluas di kota-kota di seluruh negeri.

Militer mengatakan pihaknya dipaksa untuk turun tangan karena pemerintah Suu Kyi gagal menyelidiki tuduhan penipuan dalam pemilihan November, meskipun komisi pemilihan mengatakan tidak ada bukti yang mendukung klaim tersebut.

Unjuk rasa menentang kudeta, ekarang terjadi setiap hari di dua kota terbesar Myanmar, Yangon dan Mandalay, telah menarik orang dari semua lapisan masyarakat, meskipun ada larangan resmi untuk pertemuan lebih dari lima orang. Pekerja pabrik dan pegawai negeri, siswa dan guru, tenaga medis dan orang-orang dari komunitas LGBTQ, biksu Buddha dan pendeta Katolik semuanya telah keluar mendukung protes.

Pada hari Kamis, orang-orang dari kelompok etnis minoritas Myanmar, yang terkonsentrasi di negara-negara perbatasan yang sangat jauh, bergabung, sebuah pertunjukan persatuan yang mencolok di sebuah negara di mana beberapa kelompok membenci kontrol mayoritas Burman dan juga memiliki perbedaan dengan Suu Kyi.

Tapi ketidakpercayaan mereka yang mendalam terhadap militer, yang secara brutal menekan perjuangan bersenjata mereka untuk mendapatkan otonomi lebih, telah membuat mereka menjadi sekutu yang tidak nyaman dengan partainya.

Tidak Terpengaruh Seruan

Para pengunjuk rasa tidak mungkin terpengaruh oleh seruan Min Aung Hlaing untuk persatuan, yang datang pada Union Day, hari libur nasional merayakan persatuan pada tahun 1947 ketika Myanmar, yang saat itu dikenal sebagai Burma, dengan banyak kelompok etnis setuju untuk bersatu setelah beberapa dekade pemerintahan kolonial Inggris.

Tawaran pengampunan oleh junta yang diterbitkan Jumat di media yang dikelola pemerintah mengatakan bahwa 23.314 tahanan akan dibebaskan, bersama dengan 55 narapidana asing. Perintah tersebut juga mengubah beberapa hukuman mati menjadi penjara seumur hidup dan mengurangi hukuman penjara lainnya.

Tawaran ini juga kecil kemungkinannya untuk memenangkan hati masyarakat internasional, yang secara luas mengecam kudeta serta penggunaan kekuatan polisi seperti meriam air dan peluru karet untuk membubarkan beberapa protes.

Selama beberapa dekade pemerintahan militer di Myanmar sebelumnya, pemerintah Barat memberlakukan sanksi, tetapi sanksi itu mereda ketika pemilu tahun 2010 dan 2015 menunjukkan langkah tentatif negara tersebut menuju demokrasi.

Pemerintah Amerika Serikat mengumumkan hari Kamis bahwa sanksi baru akan menargetkan pejabat tinggi militer negara yang memerintahkan kudeta. Sanksi itu menyebut Min Aung Hlaing dan wakilnya Soe Win, serta empat anggota Dewan Tata Usaha Negara. Perintah eksekutif yang ditandatangani oleh Presiden AS Joe Biden juga memungkinkan Departemen Keuangan menargetkan pasangan dan anak-anak dewasa dari mereka yang diberi sanksi.

Langkah itu akan mencegah para jenderal mengakses lebih dari US$ satu miliar dana pemerintah Myanmar yang disimpan di Amerika Serikat. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home