Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 12:00 WIB | Senin, 15 Februari 2021

Misi Luar Angkasa UEA Pertama Kali Kirim Gambar Permukaan Mars

Planet Mars yang diambil dari wahana “Hope” milik UAE. (Foto: Al Arabiya)

ABU DHABI, SATUHARAPAN.COM-Penguasa Dubai, Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, pada hari Minggu (14/2) membagikan gambar pertama permukaan Mars yang diambil oleh wahana penyelidikan "Hope" Uni Emirat Arab.

"Gambar pertama Mars ditangkap oleh sebuah wahana Arab pertama dalam sejarah, 25.000 kilometer di atas permukaan Planet Merah," kata Sheikh Mohammed, yang juga Wakil Presiden dan Perdana Menteri UEA, dalam sebuah tweet.

UEA membuat sejarah pada pekan lalu dengan menjadi negara Arab pertama, dan negara kelima di dunia, yang mengirim wahana luar angkasa untuk penyelidikan ke planet Mars.

Pada Juli 2020, Amerika Serikat, China, dan UEA mengirim pesawat ruang angkasa ke Mars, dengan UEA menjadi yang pertama dari tiga yang mencapai planet itu. Ini juga menandai misi antar planet pertama yang pernah diluncurkan oleh negara dikawasan  Arab.

Pesawat luar angkasa itu, yang tidak berawak, dikirim dalam upaya untuk menjelajahi dinamika iklim planet dalam rentang waktu harian dan musiman. Misi tersebut akan berlangsung selama satu tahun Mars penuh yang berarti 687 hari bumi, kantor berita UEA, WAM.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home