Loading...
DUNIA
Penulis: Kartika Virgianti 16:46 WIB | Selasa, 23 September 2014

Misi Pertama India Segera Tiba di Planet Mars

Misi Pertama India Segera Tiba di Planet Mars
Pelabuhan antariksa (spaceport) pesawat MOM di Sriharikota untuk melaksanakan misi ke Planet Mars. (Foto-foto: space.com)
Misi Pertama India Segera Tiba di Planet Mars
Engine Chamber terlihat dari luar (kiri) dan bagian dalam (kanan).
Misi Pertama India Segera Tiba di Planet Mars
MOM saat lepas landas.
Misi Pertama India Segera Tiba di Planet Mars
MOM berangkat dari orbit Bumi (warna biru), keluar perlahan-lahan dari orbit Bumi menuju lintasan pesawat (warna hijau), kemudian menuju orbit Mars (warna oranye). Saat MOM berangkat pada 5 November 2013, Mars masih berada di atas garis lintasannya, dan saat MOM tiba, Mars sudah berada di bawah garis lintasan seperti yang tergambar.
Misi Pertama India Segera Tiba di Planet Mars
Besar ukuran MOM dengan manusia sebagai perbandingannya.
Misi Pertama India Segera Tiba di Planet Mars
Potret pesawat MOM yang akan tiba di Mars pada Rabu 24 September 2014.

BANGALORE, SATUHARAPAN.COM – Misi India pertama kali ke Mars siap mencatat sejarah dalam pekan ini. Setelah perjalanan selama 10 bulan, pesawat antariksa bernama Mars Orbiter Mission (MOM) diperkirakan akan mencapai planet merah, sebutan bagi Mars, pada Rabu, 24 September pukul 07.41 waktu India.

Pesawat yang diluncurkan pada 5 November 2013 di Sriharikota itu, disebut Mangalyaan (bahasa India yang artinya Kapal Mars). MOM telah memasuki orbit sekitar planet merah. Informasi tersebut berdasarkan penyelidikan NASA terhadap planet merah itu pada Minggu (21/9) malam.

Dalam menjalankan misinya, MOM menggunakan tenaga surya, di mana ketika masuk ke dalam orbit Mars, berada di bayangan planet. Itu berarti MOM akan sepenuhnya berjalan dengan mengandalkan daya baterai pada Selasa (23/9).

Misi ini secara umum bermaksud mempelajari atmosfer Mars, tetapi secara spesifik tujuannya adalah untuk memahami perilaku elemen atmosfer di permukaan paling luar dalam menanggapi aktivitas matahari.

“Konfirmasi keberhasilan (atau kegagalan) dari manuver ini sangat penting untuk bisa sampai ke Planet Bumi, untuk selanjutnya bisa segera melakukan kendali dari pusat (ground control),” kata pejabat MOM.

Salah satu pejabat Indian Space Research Organization (ISRO)–pusat kontrol yang berlokasi di Bangalore–menulis update di Facebook, bahwa jika semua berjalan lancar, India akan menjadi negara keempat yang pernah mengirimkan pesawat ruang angkasa ke Mars.

Misi senilai USD 74.000.000 (sekitar Rp 886 miliar) tersebut dirancang sebagai demonstrasi teknologi untuk menunjukkan bahwa India memiliki pengetahuan untuk mengirimkan pesawat ruang angkasa ke Mars. Tujuan lain adalah untuk menguji permukaan Mars dan memindai metana yang terdapat di atmosfer Mars. Di Bumi, zat itu diproduksi terutama oleh organisme hidup. (space.com)

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home