Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 19:36 WIB | Rabu, 25 September 2013

Miss World dan Miss Universe, Apa Bedanya?

Olivia Culpo, Miss Universe 2012. (foto: beautywithintv.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Akhir-akhir ini ajang kontes kecantikan Miss World sedang ramai dibicarakan oleh media dan masyarakat. Miss World yang saat ini akhirnya digelar sepenuhya di Bali menuai banyak protes dari beberapa kalangan. Khususnya dari kalangan religius garis keras. Mereka menentang kontes tersebut dilaksanakan di Indonesia karena tidak sesuai dengan akidah agama, kebudayaan Indonesia dan melecehkan kaum perempuan.

Tidak jauh berbeda dengan Miss World, Miss Universe merupakan ajang kontes kecantikan yang sama. Banyak orang masih bingung untuk membedakan antara Miss World dan Miss Universe. Jika ajang tersebut sama-sama memilih Ratu Sejagad, lalu apa bedanya?

Miss World

Miss World awalnya dimulai sebagai festival kontes bikini untuk mempromosikan pakaian renang yang baru saja diproduksi pada saat itu. Kontes ini dimulai pada 1951 yang diprakarsai oleh Eric Morley. Kontestan Miss World diharuskan telah memenangkan gelar nasional atau perwakilan khusus dibawah lisensi Miss World setempat.

Pemenang Miss World akan menghabiskan waktu satu tahun keliling dunia sebagai wakil dari Miss World Organization. Selama masa baktinya ia harus tinggal di London. Slogan yang dipakai oleh Miss World adalah Beauty With a Purpose.

Miss Universe

Miss Universe dimulai pada tahun 1952 untuk mempromosikan produk pakaian renang Catalina. Pada tahun 1996, Donald Trump membeli hak kepemilikan kontes ini. Miss Universe merupakan acara yang prestisius terutama bagi penduduk Amerika Latin.

Slogan yang dipakai untuk kontes Miss Universe adalah 3B: Brain, Beauty, Behavior atau kecerdasan, kecantikan dan tingkah laku. (dari berbagai sumber)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home