Google+
Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Melki Pangaribuan 22:05 WIB | Selasa, 15 September 2020

MotoGP Uji Sistem Komunikasi Tingkatkan Keselamatan Pebalap

Pebalap tim Monster Energy Yamaha Valentino Rossi dan pebalap tim KTM Factory Racing Brad Binder di sesi kualifikasi Grand Prix San Marino, Sirkuit Misano, Italia. (12/9/2020). (Foto: Reuters)

MISANO, SATUHARAPAN.COM - Sejumlah pebalap MotoGP menguji sistem komunikasi baru selama tes ofisial di Sirkuit Misano, Italia, Selasa (15/9), jelang Grand Prix Emilia Romagna akhir pekan ini.

Sistem komunikasi radio itu ditujukan untuk meningkatkan keselamatan dengan memperingatkan pebalap tentang bahaya yang ada di trek.

Alat itu sebelumnya digunakan oleh pebalap Repsol Honda Stefan Bradl atas permintaan Dorna Sports jelang Grand Prix San Marino di sirkuit yang sama akhir pekan lalu.

"Di tes Misano hari ini, sejumlah pebalap... akan menjajal pertama kalinya headphone radio komunikasi," demikian MotoGP lewat Twitter, Selasa, seperti dikutip Reuters.

Pebalap tim Petronas Yamaha Fabio Quartararo menjadi salah satu pebalap yang menguji sistem itu.

"Ini menyediakan komunikasi satu arah antara Race Direction dan para pebalap, dengan tujuan meningkatkan keselamatan bagi semua yang ada di sirkuit."

Sporting Director MotoGP Carlos Ezpeleta mengatakan bahwa sistem itu bisa juga menjadi sistem komunikasi dua arah antara para kompetitor dan tim seperti di Formula 1.

"Salah satu hal yang kami bahas tahun ini adalah visibilitas bendera kuning dan bendera-bendera secara umumnya," kata Ezpeleta seperti dikutip laman resmi MotoGP.

"Pada awalnya, ini akan hanya digunakan untuk mengkomunikasikan pesan yang direkam sebelumnya tentang bendera, penalty, lalu mungkin di masa depan kami bisa membuka komunikasi dengan tim dan jika mungkin dari pebalap kembali ke tim. Kami sangat senang dengan tes pertama. Semoga, kami bisa mempersembahkan sesuatu segera di musim-musim selanjutnya."

 

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home