Loading...
SAINS
Penulis: Ignatius Dwiana 13:12 WIB | Rabu, 13 November 2013

MSF Kirim Bantuan ke Korban Bencana Topan Haiyan Filipina

Logo Medecins Sans Frontieres. (Sumber Medecins Sans Frontieres)

FILIPINA, SATUHARAPAN.COM – Tim tanggap darurat dari Médecins Sans Frontières (MSF, Dokter Lintas Batas) tiba di Cebu pada hari Sabtu (9/11). MSF mengirim dua pesawat kargo berisi obat-obatan dan barang bantuan ke Filipina dan tim pertama telah tiba di Cebu. 

MSF belum dapat mengkaji kebutuhan menyeluruh karena akses untuk mencapai wilayah-wilayah yang terdampak sangat sulit. Bandar udara Tacloban rusak. Banyak jalan yang tertutup dan sambungan telepon nyaris tidak memungkinkan. Kondisi-kondisi ini akan menghambat pengkajian kebutuhan dan pengiriman bantuan kemanusiaan. 

MSF memperkuat tim dengan 30 personel tambahan, termasuk personel medis, logsitik, dan psikolog yang tiba beberapa hari ke depan. MSF juga mengirim 200 ton barang medis dan bantuan yang akan tiba di Cebu dalam tiga hari ke depan. Sebuah pesawat kargo berangkat dari Dubai hari Senin, sementara pesawat kedua berangkat dari Ostende hari Selasa. Kargo barang kemanusiaan mencakup perlengkapan medis untuk mengobati yang terluka, peralatan untuk konsultasi medis, vaksin tetanus, dan barang bantuan seperti tenda dan peralatan higienis. 

Demikian siaran pers yang diterima pada hari Senin (11/11).

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home