Loading...
INDONESIA
Penulis: Dewasasri M Wardani 11:07 WIB | Senin, 25 Juni 2018

Muhammadiyah Ajak Warganya Gunakan Hak Pilih dalam Pilkada

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir. (Foto: muhammadiyah.or.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir mengajak warga Muhammadiyah menggunakan hak pilih dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 27 Juni.

"Berikan suara dengan penuh tanggung jawab," kata Haedar di Jakarta, Senin (25/6).

Dia juga mengajak warga berpartisipasi aktif dan konstruktif dalam proses pilkada dengan menjadi pemilih yang kritis, cerdas, arif, dan dewasa.

Saat ada perbedaan pendapat, ia mengatakan, hendaknya saling menghormati, menjaga ketertiban dan memelihara persatuan bangsa.

Haedar Nashir juga menyampaikan, para kandidat hendaknya bersaing secara sehat, sportif, berjiwa ksatria, dan mematuhi semua peraturan dengan menjauhi praktik politik uang, keculasan, kecurangan, kekerasan, kampanye hitam serta pernyataan-pernyataan yang mengandung unsur kebencian dan bernuansa SARA.

“Para kandidat dan tim kampanye hendaknya tidak melakukan politisasi agama, yang mereduksi nilai-nilai luhur agama dan berpotensi memecah-belah masyarakat, umat, dan bangsa,” kata Haedar.

"Masyarakat, para kandidat dan pendukung hendaknya menerima hasil-hasil pilkada secara ksatria, yang menang tidak jumawa dan merayakan kemenangan secara berlebihan dan yang kalah dapat legawa menerima kekalahan," kata dia.

Haedar mengajak warga, khususnya yang tergabung dalam Muhammadiyah, mempertimbangkan dan mengutamakan pemimpin yang baik dalam menggunakan hak pilih

Pemimpin yang baik, ia menjelaskan, cirinya antara lain memiliki kompetensi kepemimpinan, visioner, amanah, berakhlak mulia, bersih dari korupsi, mampu menjalin kerja sama dengan semua elemen bangsa, berjiwa negarawan dan berdedikasi tinggi dalam melayani rakyat.

Haedar juga mengatakan, pilkada merupakan proses politik yang sangat penting dan strategis dalam menentukan kepemimpinan provinsi dan kabupaten/kota, dan merupakan salah satu faktor penentu kemajuan dan kemakmuran masyarakat di daerah.

"Oleh karena itu, semua pihak hendaknya berperan serta menyukseskan pilkada sesuai dengan posisi dan fungsi masing-masing secara konsisten dan bertanggung jawab," katanya. (Antaranews.com/muhammadiyah.or.id)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home